Catatan Harian (43): Paling Banyak Dikomentari

Selama tahun 2010 (13 Januari hingga 11 November 2010), aku menulis sebanyak 89 judul note di facebook. Dari jumlah tersebut, berikut adalah 10 daftar tulisan yang paling banyak mengundang komen dari pembaca.

10

Pada posisi paling buncit, note dengan judul “KPeK Telusuri Korupsi Di USB”. Tulisan imajiner tentang rencana KPeK membongkar kasus Korupsi yang terjadi di Universitas Suka Berwacana (USB) ini mampu menyedot 28 komen (termasuk komen dari penulis sendiri).

9

Kembali cerita imajiner tentang USB masih mendapat perhatian dari pembaca. Urutan ke-9 daftar ini masih bercerita tentang USB, dengan mengangkat judul “Catatan Harian (15): Lowongan Pekerjaan Dosen di USB”. Cerita tentang iklan lowongan pekerjaan sebagai dosen di USB ini memancing sebanyak 31 komen.

8

Sebanyak 35 komen diberikan untuk 2 judul note, yaitu “Lebih Dekat Dengan Ketum Pengurus YPTKSW danPernyataan Sikap SMUJudul pertama bercerita singkat tentang sosok Ketua Umum Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTKSW) yang baru, Pdt. Em. Judowibowo Poerwowidagdo, M.A., Ph.D. Judul kedua memaparkan tentang Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang memberikan pernyataan sikap sehubungan dengan serangkaian “permasalahan” dengan Pembantu Rektor (PR) III UKSW.

7

Ada Rumput Warna Biru! danAkankah Ada Sanksi?” adalah 2 note yang membukukan sebanyak 37 komen. “Ada Rumput Warna Biru!” berkisah tentang adanya rumput lapangan sepak bola UKSW yang berubah warna menjadi biru karena cat semprot mahasiswa. Judul kedua, merupakan tulisan penulis yang berharap agar mahasiswa UKSW yang ikut dalam demonstrasi tidak diberikan sanksi.

6

Pada posisi ke-6, dengan 39 komen, ada note dengan judul ”Catatan Harian (23): PRESIDEN,–eh maaf, maksud saya– PRESEDEN. Tulisan ringan tersebut diawali dengan perbincangan antara rektor yang menolak seorang dosen menjadi dekan dengan menggunakan preseden ketimbang aturan yang tertulis. Tulisan ringan tersebut, menolak penggunaan preseden yang digunakan oleh sang rektor.

5

“Hilangnya” Green Corner (satu warung yang ada di kafetaria UKSW) menjadi inti tulisan note pada posisi ke-5, dengan judul lengkap “Catatan Harian: Kemana Green Corner?”. Sebanyak 46 orang membeirkan komennya.

4

Posisi keempat, dengan 49 komen jatuh untuk tulisan berjudul Tragedi Sosiologi UKSW ?! Tulisan ini berkisah tentang sepinya peminat Program Studi (Progdi) sosiologi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi UKSW. Sejumlah mahasiswa Progdi Sosiologi ikut memberikan komen.

3

Berada di urutan ketiga, note dengan kisah tentang dosen USB yang pelit, dan lebih suka “jajan” gratisan, mengundang 54 komen. Note denganjudul lengkap “Ayam Jago”: Nafsunya Besar, Sukanya Gratisan…(1), itu ditulis pada tanggal 27 April 2010.

2

Note berjudul “Menghancurkan” UKSW menduduki posisi kedua. Tulisan ini timbul dari dilema penulis tentang sejumlah komentar yang disampaikan secara lisan maupun tulisan bahwa dengan menurunkan tulisan-tulisan dif b, penulis telah berupaya untuk menghancurkan UKSW. Dari 63 komen, kebanyakan menyatakan bahwa tulisan-tulisan tersebut bukanlah bentuk dari menghancurkan UKSW.

1

Posisi teratas dengan 265 komen diberikan kepada “Ospek” Ala “Fakultas Biru” Komen-komen tersebut didominasi oleh mahasiswa, alumni, maupun dosen Fakultas Teknologi Informasi UKSW. Jumlah komen yang lumayan fantastis tersebut, rupanya memancing Scientiarum (lembaga pers mahasiswa UKSW) untuk menurunkan berita tentang hal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s