Catatan Harian (46): Satya Wacana Job Fair Terakhir…

uksw.edu

Kembali, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melalui Satya Wacana Career Center and Alumni (SWCA) akan mengelar Satya Wacana Job Fair (SWJF) pada tanggal 4 dan 5 Maret 2011. SWJF kali kelimabelas ini merupakan SWJF terakhir bagi Sang Perintis, Harrie Siswanto Hadisuyono, atau akrab dipanggil Pak Harrie.

fb gathem Semenjak Surat Keputusan Pengangkatannya sebagai Kepala Bagian (Kabag) SWCA berakhir pada 31 Desember 2010 yang lalu, dan menjelang masa pensiun pada bulan Oktober nanti, maka SWJF Ke-15 nanti mungkin menjadi SWJF terakhir yang bakal dikomandani Pak Harrie. Serah terima jabatan Kabag SWCA pun telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, namun dengan catatan bahwa Pak Harrie masih tetap memimpin untuk SWJF Ke-15.

Aku, sebagai orang yang pernah membantu dalam pelaksanaan beberapa kali SWJF sebagai seksi publikasi dan dokumentasi, menghaturkan apresiasi yang tinggi kepada Pak Harrie atas pencapaian yang luar biasa dalam pelaksaan SWJF. Selain mampu mempertahankan tradisi pelaksaan job fair (bursa kerja), jumlah peserta perusahaan meningkat. Lebih lagi, kualitas pelaksaan selalu ditingkatkan dari job fair ke job fair selanjutnya. Melalui pelaksanaan SWJF secara regular, nama UKSW pun bersinar, karena mampu mengadakan job fair sendiri bersanding dengan universitas-universitas besar lain yang juga mengadakan acara serupa (seperti UI dan UGM). Perlu dicatat, bahwa tidak semua universitas mampu melaksanakan job fair on campus secara reguler.

Perusahaan-perusahaan besar turut serta menyemarakan SWJF, sebut saja United Tractors, Pura Barutama, Bank Central Asia, Bank Permata, Bank Internasional Indonesia, Sinarmas, Djarum, dan lainnya. Tidak hanya diminati oleh perusahaan, lembaga-lembaga pendidikan turut serta, ada diantaranya Sekolah Nasional Plus Pelita Nusantara Kasih, Sekolah Nasional Plus Witama, Sekolah Global Indo Asia, Sekolah Dyatmika Bali, Kanaan Global School.

uksw.edu/swca

SWJF tidak hanya dikhususkan bagi alumni UKSW saja, hal itu terbukti dari peserta pencari kerja yang berasal dari berbagai lulusan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri dari berbagai daerah, seperti lulusan dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro Yogyakarta, Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Universitas Katolik Sogijapranata Semarang, Universitas Airlangga Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Universitas Padjajaran Bandung, Institut Teknologi Surabaya, dan lainnya.

Kehadiran perusahaan besar dan lulusan dari berbagai universitas terkemuka negeri maupun swasta tersebut menunjukkan adanya kepercayaan para peserta perusahaan maupun pencari kerja terhadap eksistensi SWJF (semakin diperhitungkan).

Ada satu hal yang dikedepankan Pak Harrie dalam setiap pelaksaan SWJF, yaitu memberikan penekankan kearah kualitas ketimbang memupuk jumlah kuantitas peserta. “Dalam SWJF, kami lebih menekan proses kualitas tahapan seleksi kerja, baik melalui wawancara dan psikotes,” demikian ungkapnya kepadaku dalam saat pelaksanaan SWJF bulan November 2008.

uksw.edu/swca

Menurutnya, kualitas seleksi tersebut tidak akan tercapai apabila pencari kerja sangat besar. Dengan begitu, perusahaan tidak terlalu sibuk melaksanakan proses administrasi rekrutmen, namun fokus kepada seleksi kerja, sehingga mutu seleksi dan mutu pelamar akan sendirinya dapat sesuai yang perusahaan harapkan.

Well, tantangan berat tentu disandang oleh siapapun pengganti Pak Harrie sebagai Kabag. SWCA, terutama untuk tetap secara reguler melaksanakan dan mempertahankan kualitas SWJF. Tentu dengan kerja keras, disiplin, dan keinginan untuk selalu belajar, maka harapan akan SWCA dan SWJF yang semakin lebih baik akan dapat terpenuhi.

Akhir kata, Aku ucapkan terima kasih kepada Pak Harrie Siswanto atas kerja keras bapak membangun SWCA dan SWJF dengan sangat baik.

SWJF

Informasi seputar SWJF Ke-15 dapat diakses melalui situs resmi SWCA di www.uksw.edu/swca dan melalui facebook SWCA Recruitment. (sfm).

Catatan: Julukan Sang Perintis aku sematkan karena Pak Harrie Siswanto adalah orang yang memulai perhelatan SWJF.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s