Catatan Harian (50): “Robot-robot” Kita

uksw.edu

Tanggal 18 Januari yang lalu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) mempublikasikan Hasil seleksi Tahap Pertama Kontes Robot 2011, dan untuk kesekian kalinya robot-robot kreasi mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer Universitas Kristen Satya Wacana (FTEK UKSW) lolos. Haruskah civitas akademika UKSW bangga?

Tiga robot tersebut adalah R2C-Octopus (di divisi berkaki), R2C-R7 (Battle), dan R2C-Deus Vult (beroda). Kesemuannya turun dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia. Seleksi tahap kedua akan berlangsung pada bulan Maret 2011, dan menurut informasi dari situs resmi UKSW, Tim Robot FTEK UKSW sedang menyempurnakan program dan menyiapkan strategi-strategi baru.

Kilas balik sedikit, pada KRCI 2010, Tim Robot R2C Battle di bawah asuhan Dr. Iwan Setyawan, mampu menduduki peringkat ke-3 secara nasional. Robot R2C-Octopus yang berlaga di divisi berkaki ada di peringkat 8 nasional.

Ibarat Pencak Silat dan Bulutangkis, dua cabang olah raga yang mampu berprestasi di aras internasional dan membanggakan Indonesia, maka robot-robot buatan anak-anak elektro ini adalah karya inteketual mahasiswa yang patut diapresiasi dan dapat dibangakan oleh Satya Wacana. Jika begitu, maka civitas akademika selayaknya memberikan dukungan sepantasnya. Sudah tentu, dukungan civitas sepatutnya disampaikan secara riil sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Karena prestasi mereka adalah prestasi bagi kampus ini, keberhasilan mereka adalah kehormatan bagi Satya Wacana.

Kalau saya, ya bisanya cuman bisa berharap, maklumlah karena hanya bisa demikian. Saya berharap semoga rekan-rekan kita mahasiwa FTEK yang sedang mempersiapkan robot-robotnya diberikan kelancaran dalam masalah teknis perakitan. Semoga mereka diberikan kesehatan. Semoga mereka dapat dukungan penuh dari universitas, terutama masalah pendanaan, sehingga lancar dan tidak berkekurangan, dan anak-anak genius itu tidak direpotkan dengan masalah finansial. Semoga…semoga…dan semoga lainnya…(sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s