Catatan Harian (55): JPBI-FKIP Vs FBS (English Department)

Sejak kira-kira tahun 2000, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (JPBI) melepaskan diri dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana (FKIP UKSW), untuk kemudian berdiri sebagai Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS). Sudah sepuluh tahun perjalanan solonya, JPBI masih tetap menjadi satu-satunya Program Studi (Progdi) yang dimiliki FBS.

Tercatat dalam buku sejarah UKSW, Jurusan Bahasa Inggris adalah satu dari enam jurusan yang ada sejak berdirinya UKSW (saat itu masih bernama PTPG). Jika dihitung dari berdirinya UKSW, maka pada perayaan Dies Natalis UKSW nanti (bulan November 2011), usia JPBI/FBS = UKSW = 55 tahun. Manusia dalam usia tersebut, dikategorikan berusia lanjut (sepuh), dan kemungkinan sudah memiliki anak (atau anak-anak), bahkan cucu.

Sepuluh tahun berdiri, Progdi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI nama baru JPBS) masih saja sendiri. FBS belum mampu melahirkan adik/adik-adik bagi PBI. Konon kabarnya, FBS berniat membuka Progdi Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang?

Tidak bermaksud membanding-bandingkan, namun melihat perkembangan fakultas lain dalam lingkungan UKSW, yang seusia sepantar (sama-sama berusia 10 tahun), FBS tertinggal. Ambil contoh  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) yang juga berdiri sekitar tahun 2000, telah memiliki 2 progdi, yaitu Progdi Sosiologi dan Komunikasi. Kelihatannya Fiskom bakal menambah kembali progdinya, karena terdengar kabar akan membuka Progdi Hubungan Internasional. Fakultas Teknologi Informasi (FTI) yang lebih muda dua tahun, saat ini memiliki 4 progdi strata 1 (Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan yang terbaru Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer.  FTI bahkan sudah membuka program S2-nya.

Hmmm…Ada apa ya dengan FBS? Apa sumber dayanya masih kurang, atau masalah finasial, atau..? Entahlah, namun jika saya ditanya, “Apakah FBS layak memiliki progdi selain PBI, atau bahkan membuka S-2?”, mungkin saya satu dari sekian banyak orang yang akan menjawab, “SANGAT LAYAK!”. Akan tetapi, semua berpulang kembali kesegenap jajaran FBS khususnya, dan UKSW pada umumnya. Akankah 10 tahun ke depan PBI masih menjadi satu-satunya Progdi di FBS? Mari kita tunggu jawabnya di tahun 2021. (sfm).

2 thoughts on “Catatan Harian (55): JPBI-FKIP Vs FBS (English Department)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s