Catatan Harian (60): Top University in Indonesia, SWCU?

Situs pemeringkatan Webometric, baru-baru ini mempublikasikan daftar peringkat universitas di seluruh dunia. Salah satu negara yang tercakup dalam Webometric adalah Indonesia. Berikut daftar 30 Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Indonesia.

1.      Universitas Gadjah Mada

2.      Universitas Indonesia

3.      Institut Teknologi Bandung

4.      Universitas Airlangga

5.      Universitas Diponegoro

6.      Universitas Kristen Petra

7.      Universitas Gunadarma

8.      Universitas Andalas

9.      Institut Teknologi Sepuluh Nopember

10.  Universitas Negeri Malang

11.  Universitas Sriwijaya

12.  Universitas Muhammadiyah Surakarta

13.  Universitas Sumatera Utara

14.  Institut Pertanian Bogor

15.  Universitas Islam Indonesia

16.  Universitas Sebelas Maret

17.  Unikom

18.  Universitas Muhammadiyah Malang

19.  Universitas Negeri Yogyakarta

20.  Universitas Pendidikan Indonesia*

21.  Universitas Padjadjaran

22.  Universitas Mercu Buana

23.  Politeknik Surabaya

24.  Universitas Lampung

25.  Universitas Bina Nusantara

26.  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

27.  Universitas Hasanuddin

28.  Universitas Negeri Semarang

29.  Universitas Brawijaya *

30.  Universitas Udayana

Dari daftar di atas dapat kita ketahui bahwa:

Perguruan Tinggi di Pulau Jawa masih mendominasi daftar perguruan tinggi terbaik. Enam PT yang masuk dalam daftar berasal dari Bali (1 PT, yaitu Universitas Udayana), 4 PT dari Sumatera (Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Lampung), dan 1 dari Sulawesi (Universitas Hasanudin). PT dari Kalimantan, Papua, NTB, dan NTT, belum mampu masuk daftar 30 PT elit tahun ini.

Jika kita melihat sebaran ke-30 PT tersebut di P. Jawa, maka Jawa Timur (Jatim) mampu keluar sebagai juara pertama, dengan menyumbang 8 PT, berturut-turut Jawa Barat (5), disusul Jawa Tengah dan DKI Jakarta (sama-sama 4 PT), dan terakhir diduduki Yogyakarta (3). Data ini menarik, Jatim mampu mengalahkan Yogyakarta yang terkenal sebagai Kota Pelajar. Hal ini (mungkin) dapat menunjukan kepada kita bahwa perkembangan/motor pendidikan tinngi di Indonesia berbasis di Jatim.

Dari perimbangan berdasarkan status PT, maka dapat diketahui bahwa PT Negeri masih berada di puncak, dengan total 21 PT. Sembilan PT Swasta yang masuk dalam Top 30 , berasal semuanya dari Pulau Jawa. Ini menjadi tanda Tanya tersendiri, “Bagaimana dengan perkembangan PTS di luar Pulau Jawa?”.

Menilik PT dengan basis agama, maka PT Islam dalam jajaran daftar 30 terbaik menempati posisi teratas dengan 4 PT, dan hanya 1 PT Kristen (UK Petra), dan belum ada PT berbasis Katolik, Hindu, ataupun Budha dalam daftar.

Jika data-data yang digunakan oleh webometric valid, maka pemeringkatan dapat digunakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional sebagai acuan untuk perbaikan. Apabila itu terjadi, maka: (1) Mendiknas perlu memperhatikan PT diluar Pulau Jawa, dan sudah tentu PTS; (2)  dapat menjadi acuan oleh para calon mahasiswa, ketika ingin memilih PT; (3) menjadi bahan refleksi bagi PT yang belum mampu menduduki jajaran elite 30.

Jika tiba-tiba ada yang bertanya, “Kenapa Universitas Kristen Satya Wacana (Satya Wacana Christian University-SWCU) tidak masuk dalam jajaran elite 30 PT di Indonesia?”. Mohon maaf, untuk pertanyaan itu, saya tidak mampu menjawabnya.

Demikian, simpulan sederhana dari daftar 30 PT terbaik di Indonesia versi webometric, semoga bermanfaat. (sfm).

4 thoughts on “Catatan Harian (60): Top University in Indonesia, SWCU?

  1. uksw ga usah d bhas. Dlu pada prgantian dir btsi dr prof eko ke pak kristoko, visi yg d usung oleh pak kris adalah mperbaiki uksw.edu yg trlihat kaku. Tp knyataannya hal tsbt tdak bs d implmentasikan. Uksw kekurngan sumbr daya untk mgurusi hal2 tsbt. Coba tngok brapa web fakltas atw unit2 lain yg sering update?pasti bs d htung dgan jari. Hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s