Catatan Harian (63): Ketika Tuhan Seujung Bibir Saja

Seorang karyawan beragama Kristen dan bekerja di sebuah lembaga Kristen, kedapatan mengkorupsi uang lembaga. Dipanggilah karyawan tersebut menghadap pimpinannya yang kebetulan seorang pendeta.

Pendeta (Pdt) : Anda tau kalo korupsi itu tidak sesuia dengan ajaran Kristen?
Karyawan (K) : Saya tau Pak. Itu sama saja saya mengambil barang yang bukan milik saya.
Pdt : Lalu, kenapa kamu melakukan itu?
K : Karena saya butuh uang untuk membiayai pengobatan anak saya yang sakit Pak.
Pdt : Apakah gajimu tidak cukup?
K : Tidak Pak. Selain saya butuh biaya perobatan anak saya, saya juga masih punya tanggungan utang di beberapa tempat. Karena saya kredit mobil, rumah, dan beberapa barang lainnya.
Pdt : Sudahkah kamu berserah kepada Tuhan lewat doa?
K : Sudah Pak, hampir tiap malam, tiap waktu, saya berdoa kepada Tuhan. Tapi tidak ada jawab-Nya Pak. Ya, akhirnya saya mencuri uang lembaga Pak.
Pdt : …

Jawaban sang karyawan membuatku tertegun, “Apakah Tuhan telah berpaling dari Si Karyawan, sehingga Si Karyawan tidak mendapatkan jawaban dari doanya, sehingga umat-Nya itu harus bertindak tidak benar?”.
Tuhan tidak pernah meninggalkan umatnya, tidak pernah….dan tidak akan pernah. Itu janji-Nya. Lalu masalahnya dimana? Ya, di dalam diri manusia sendiri.

manusia tidak mampu menerima kenyataan,
manusia hanya ingin enaknya saja,
manusia tidak pernah benar-benar mau percaya,

Ketika manusia menghadapi cobaan berat dalam hidupnya, ada maksud indah dibalik itu, yaitu agar manusia kembali bersujud dihadapan-Nya. Yang dibutuhkan Tuhan hanya satu saja dari manusia, yaitu “Manusia yang percaya akan Kuasa-Nya, tanpa ada sedikit pun keraguan, percayalah sepenuh hati dan tidak seujung bibir saja.”

Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau… (Yesaya 43:5a). Itu janji Tuhan. Amin. (sfm).

Leave a Reply

