Catatan Harian (69): Bad Publicity is Good Publicity

Satu studi terbaru yang dilakukan oleh Stanford Graduate School of Business, menunjukan bahwa “Bad Publicity (BP) is Good Publicity”. Sebagai contoh dapat dilihat dari efek dari Film Borat, yang latar belakang pemeran utamanya berasal dari Kazakhstan, mampu menaikan popularitas bagi negara tersebut. Mungkin anda bertanya, apakah BP selalu berdampak positif?

Jawabnya adalah …in some cases negative publicity can increase sales when a product or company is relatively unknown, simply because it stimulates product awareness…”. (Please underline the word relatively unknown). Satu contoh menarik disampaikan dalam artikel tersebut, yaitu tentang 240 judul buku fiksi yang di-review oleh New York Times. Tidak mengherankan jika positif review mampu menaikan penjualan buku mulai 32 hingga 52 %. Tidak mengherankan juga, bahwa review negatif yang diberikan untuk buku dengan pengarang terkenal, mampu menurunkan penjualan hingga 15 %.

Berbeda dengan dampak seperti disebut di atas, review negatif terhadap buku yang ditulis oleh pengarang yang kurang terkenal mampu menaikan penjualan hingga 45%. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena, “even bad reviews drew attention to works that otherwise would have gone unnoted”. Lebih lanjut, the “negative” impression bad reviews created seemed to diminish over time.

Kesimpulan lain dalam penelitian itu menyatakan bahwa negative impression akan hilang dengan sendirinya, walau ingatan timbul kembali, akan tetapi hal itu malah mendorong kemungkinan sebuah produk akan terbeli.

Jadi, publikasi apapun (bad/good), bukanlah soal bagi pendatang baru dalam sebuah bisnis, karena ini merupakan kesempatan meraih perhatian publik. (stanford/sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s