CH (94): Masihkah Minoritas yang Kreatif?

Pdt. Emeritus Waluyo Sejati, S.Th., S.H., Pendeta Gereja Kristen Jawa Salib Putih, sempat bertanya, apakah Satya Wacana masih bisa dikata sebagai Minoritas yang Kreatif (MK)? Walaupun tidak dijawab secara langsung, namun lewat kotbah yang disampaikannya pagi ini di Balairung Universitas, menurut saya sebenarnya Pdt. Waluyo ingin menyampaikan satu hal tentang apa itu KM.

Firman yang disampaikan didasari dari Kitab Lukas 13:18-20, berikut firman Tuhan, “Maka kata Yesus: “Seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya? Ia seumpama biji sesawi , yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya. Dan Ia berkata lagi: “Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.”

Biji sesawi dan ragi adalah perumpamaan tentang dasar MK. Biji sesawi, adalah biji kecil, namun jika tumbuh dengan baik, maka biji itu akan menjadi pohon besar dan banyak burung yang akan menggunakan sebagai sarang. Begitu juga dengan ragi. Walau hanya digunakan sedikit saja, tapi tanpa ragi, tepung terigu tidak akan mampu menjadi adonan roti yang baik. Demikian filosofinya.

Pada tataran praksis, dari dasar tersebut, Pdt. Waluyo menyatakan bahwa ada 4 hal yang patut dilaksanakan oleh civitas akademika yang MK, yaitu relegiusitas, rasionalitas, berbudaya, dan kerja keras. Keempat hal itu merupakan dasar bagi membangun MK yang kuat.

Pertanyaannya adalah apakah dasar filosofis dan keempat hal praksis tersebut telah ada dalam dir i MK? (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s