CH (96): Top 10 Negara Penghasil Scientific Papers

Setelah menggeser Jepang dari posisi kedua sebagai negara ekonomi terbesar di dunia, China kembali membuat gebrakan dalam bidang penerbitan. Laporan terbaru the Royal Society (RS) mengungkapkan bahwa China mampu menggantikan United Kingdom (Inggris Raya), untuk duduk di nomor dua sebagai negara penerbitan scientific papers terbesar. Menurut analisis, pada tahun 2013, China bisa menjadi meraih posisi pertama dan menggantikan Amerika Serikat. Demikian ditulis situs berita di Inggris, The Guardian.

Dilihat dari data yang dirilis oleh RS Senin (28/03), maka berikut adalah Top 10 Negara dengan penghasil scientific papers terbesar:

Dari tabel di atas terlihat bahwa China mengungguli Inggris di 2007 dan 2008, dengan kenaikan jumlah publikasi sebanyak 10.389 papers. Itu berarti dalam 1 hari saja, China mampu menghasilkan 28 papers. Dari 5 negara yang mengalami kenaikan, hanya China yang sangat signifikan.

Asia menempatkan 3 negara, yaitu: China, Jepang, dan India. Mayoritas masih diduduki oleh negara-negara Eropa, seperti Inggris, Jerman, Italia, Perancis, yang memang terkenal sejak lama dengan tradisi penelitiannya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Dari daftar yang dikeluarkan RS, nama Indonesia tidak ada. Hanya Thailand dan Malaysia yang tercantum. Jika diijinkan mengajukan alasan kenapa, maka menurut Kompas, karena kebanyakan dosen Indonesia amat rendah kemampuan risetnya. Jika dosen lemah kemampuan risetnya, maka sudahlah dapat ditebak hasil risetnya tentu bermutu sama. Lalu kenapa dosen dengan mutu riset rendah bisa mengajar di berbagai perguruan tinggi di negeri ini, karena sama saja mempekerjakan dosen yang tidak mampu memberikan kontribusi kepada ilmu pengetahuan dan masyarakat? (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s