CH (97): Jangan Lupakan S.M.A. Pasariboe!

Aku menangkap kegelisahan Amang J. Dongoran, saat beliau menyampaikan kotbahnya dalam Ibadah Senin tahun lalu (2009). Beliau menyebutkan satu nama yang masih asing bagiku. Nama itu adalah Samuel Maroeli Apoel Pasariboe, atau disingkat S.M.A. Pasariboe. Siapakah beliau?

Dari namanya, maka dapat diketahui bahwa beliau adalah seorang Batak bemarga Pasariboe. S.M.A. Pasariboe ikut serta dalam persiapan-persiapan pendirian dan setelah berdiri menjabat sebagai Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia (YPTG-KI) yang pertama kali, sesuai dengan Akta Notaris Tan A. Sio Tahun 1956. YPTG-KI mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia (PTPGKI) yang dikemudian hari berubah menjadi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Kegelisahan Amang J. Dongoran, dapat kupahami karena S.M.A. Pasariboe tampaknya tidak familiar ditelinga para civitas (termasuk di dalamnya orang Batak), ketimbang para pendiri lainnya atau bahkan pejabat perguruan tingginya. Akankah kegelisahan Amang J. Dongoran menjadi kegelisahan kita bersama, para alumni Batak UKSW. Jika Ya, lalu bagaimana…?

Catatan: Tulisan ini pernah dipublikasikan di facebook penulis, 23 Februari 2010.

Referensi:
Djumadi Wonopawiro, Sejarah Pergantian Pengurus Harian YPTPG-KI dan Laporan Pekerjaannya dan Pembangunan Kampus PTPGKI (Cikal Bakal Kampus UKSW), 1999.
Kebersamaan Yang Kreatif, Buku 40 Tahun UKSW, 1996.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s