CH (106): MP Pernah Ada di Satya Wacana

Semalam sewaktu membersihkan lemari pakaian, secara tidak sengaja aku menemukan seragam kebangaan Merpati Putih (MP), dalam tumpukan pakaian. Masih terlihat rapih, sama seperti aku menaruhnya dalam lemari itu 6 tahun silam. Di bagian depan, terpampang dua bet. Satu bet perguruan, ada di sebelah kiri (persis di depan jantung), dan satu lagi adalah bet IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia).

Melihat seragam itu, pikiranku melayang kembali ke masa lalu. Saat kami (Mas Farid, Mas Ari, dan Aku) mencoba menancapkan kembali bendera perguruan, yang sempat berkibar megah, di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Sekitar tahun 2002. Namun sayang, mungkin karena kaderisasi yang tidak berjalan, akhirnya harus surut.

Berdasar cerita dari Mas dan Mbak (istilah Mas dan Mbak menjadi panggilan resmi diantara kami dalam perguruan) yang telah bergelut lama dengan MP di Salatiga, Merpati Putih pernah besar di Satya Wacana sekitar era 80an. Sejumlah mahasiswa UKSW pernah menjadi atlit pencak silat, dan pernah bertarung dalam kancah kejuaraan nasional maupun lokal.

MP

Filosofi luhur dalam Perguruan Tinggi Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih adalah MERsudi PAtitising TIndak PUsakane TItising Hening yang dalam bahasa Indonesia berarti “Mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan”.

Sejumlah laman di dunia maya dapat menjadi referensi bacaan lebih dalam tentang MP, seperti: www.silatmerpatiputih.org ; id.wikipedia.org/wiki/Merpati_Putih ; atau merpatiputih.fotopages.com. (sfm)

Catatan: Tulisan ini pernah penulis tampilkan di facebook penulis, 28 April 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s