CH (113): Konser Ilmiah FPB Satya Wacana

Tertarik dengan spanduk bertuliskan, “Konser Karya Ilmiah Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana”, aku dan seorang teman, Tri Kris, menyempatkan diri masuk ke Balairung Universitas (BU) untuk mengetahui kegiatan itu lebih lanjut saat jam istirahat kerja. Hmm…aku pikir akan melihat mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) beraktrasi musik, kami malah disuguhkan pemaparan seputar tulisan-tulisan ilmiah civitas akademika FPB.

Kami terkecoh dengan kata “Konser” pada spanduk, untung bertemu dengan Pak Joko Murdoko, salah satu pengiat Gandum di Pusat Studi Gandum dan juga Dosen FPB, sebelum masuk BU. “Kata konser tidak saja berhubungan dengan musik, namun bisa juga dimaknai presentasi,” demikian kira-kira Pak Joko menerangkan.

Tidak menyurutkan minat kami untuk masuk. Kami mengambil kursi paling belakang. Rupanya, kegiatan telah berlangsung sejak pagi, dan saat kami datang, seorang mahasiswa FPB bernama Dewi Mentari menyajikan tulisannya, “Transformasi Budaya Konsumsi Beras Menuju Budaya Konsumsi Pangan Berbasis Lokal”, dalam bahasa Inggris. Menurut informasi dari moderator, tulisan tersebut mendapat pendanaian dari Departemen Pendidikan Tinggi.

Namun sayang, kami tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai, karena harus kembali bekerja. Sebelum pulang, menyempatkan diri mampir ke meja panitia untuk menanyakan apakah masih ada materi yang tersisa, syukurlah saya diberikan secara cuma-cuma materi “Konser”.

Rupanya, tema yang diangkat adalah “Going to Change for Existentionable Minority”, seperti tertulis di halaman depan buku materi. Di halaman paling wahid, ada tulisan Prof. Dr. Sony Heru Priyanto, berjudul, “Penyusunan Model Pendidikan Kewirausahaan untuk Level Pendidikan Nonformal”, ada juga trio penulis Dr. Yohanes Hendro Agus, Dr. Suprihati, dan Dr. Nugraheni Widyawati, tentang “Keanekaragaman Fauna Pada Tanaman Sayuran Dataran Tinggi di Salaran dan Sekitarnya”. Penulis dari kalangan mahasiswa selain Dewi, ada Ayub, Weni Dwi Samputro, dan Tutik, berjudul “Usaha Pengembangan Taman Skala Rumah Tangga”, lalu Nikolaus Kristanto, dan kawan-kawan, tentang “Café Corn House, Sebagai Cikal Bakal Merintis Binis Franchise”. Dan masih banyak lainnya.

Satu lagi materi yang aku terima adalah buku berjudul, “Ke Arah Mana Hendak Dikembangkan Program Agrabisnis Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga”, yang adalah Pidato Purna Tugas Ir. Danar Pramonosidhi, dosen FEB UKSW. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s