CH (125): Sökhi’atulö Laoli

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Nias menetapkan Pasangan Sökhi’atulö Laoli (SL) dan Arosökhi Waruwu (AW), sebagai pemenang dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Nias, Sabtu (9/4). SL sendiri bukanlah nama asing dilingkungan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Salatiga.

Pasangan SL-AW, menempati posisi pertama dengan meraup suara sebanyak 29.980, jauh di atas tiga  pasangan lainnya. Posisi kedua pasangan nomor urut 3, Faigi’asa Bawamenewi–Ronal Zai memperoleh 17.612  suara, lalu Saba’eli Gulö–Nazarius Halawa (nomor urut 1) mendapat  6.695 suara, dan terakhir pasangan nomor urut 4 (Damili Gea–Aluizaro Telaumbanua) 3.750 suara.

Delapan partai mengusung pasangan SL-AW, yaitu Partai Golkar, PDI Perjuangan, KPB, PKDI, PDP, P3I, Partai Pakar Pangan, dan Partai Gerindra.

SL-AW boleh berbangga dengan hasil tersebut, namun belum sepenuhnya bisa berbahagia, karena sengketa Pemilukada Kabupaten Nias tercatat dalam perkara di Mahkamah Konstitusi. Ada dua perkara yang diregistrasi, yakni No. 41/PHPU.D-IX/2011 dan No. 42/PHPU.D-IX/2011. Pemohon No. 41 adalah Faigi’asa Bawamenewi dan Ronal Zai, dan Pemohon No. 42 adalah Damili R. Gea dan Aluizaro Telaumbanua.

Terlepas dari keruwetan pemilihan di Kabupaten Nias, SL adalah utusan Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) untuk duduk sebagai Pembina di YPTKSW. Pada Periode 2008-2013, SL menjabat sebagai Sekretaris Pembina. (sfm).

Baca Juga:

CH (122): Prof. Atmono

CH (110): Pengurus dan Pengawas YPTKSW 2010-2015

Referensi:

PHPU Kab. Nias: Berselisih Tidak Diserahkan Berita Acara dari PPK

Pembuktian III PHPU Nias: Polisi dan KPU Akui Pilkada Aman dan Lancar, Panwas Hanya Temukan Sedikit Pelanggaran

Sökhi’atulö Laoli dan Arosökhi Waruwu Segera Pimpin Kabupaten Nias

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s