CH (150): Reasonable Doubt?

Paripurna sudah pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Rabu (25/05). Walau berjalan “adem ayem” saja, tema PIM kali ini mengajak civitas akademika UKSW untuk lebih reasonable, but should we doubt it?

Tema yang diusung kali ini adalah “Teaching and Learning Based on Research”, secara harafiah artinya riset dijadikan sebagai dasar dalam proses belajar-mengajar. Sudahlah tentu, sebagai lembaga pendidikan, UKSW patut menjadikan riset sebagai dasar pengajaran, seperti telah diajarkan diberbagai perguruan tinggi lainnya.

Namun sebagai seorang alumni, saya berharap tidak saja difokuskan kepada proses belajar-mengajar yang didasarkan pada riset, tapi juga aspek-aspek lainnya, seperti pengambilan keputusan, pembuatan kebijakan, pengelolaan sumber daya manusia (dosen dan nondosen), ataupun pengelolaan keuangan.

Dengan berbasis riset, tentu kita akan terlepas dari kebijakan yang didasarkan pada “perasaan”, “semangat yang tidak sehat”, dan pertimbangan-pertimbangan lain diluar hasil riset. Selain hal-hal itu mengingkari kekuatan lembaga pendidikan sendiri, namun juga mengingkari semangat profesionalismean. Dengan menggunakan riset juga, akan tercipta putusan yang tidak “aji mumpung”, dan aji-aji yang lain. So, should we doubt it (research)?🙂 (sfm).

Baca juga:

CH (143): BPMU Menjawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s