CH (153): Lebih Dekat Dengan Bapak Pdt. Yudo

Pdt. (Em). Judowibowo Poerwowidagdo, M.A., Ph.D

Sejak Juni 2010, Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) telah memiliki kepengurusan baru untuk organ Pengurus dan Pengawas. Dalam jajaran Pengurus, terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Bapak Pdt. (Em). Judowibowo Poerwowidagdo, Ph.D. Siapakah beliau? Berikut tulisan singkat tentang beliau.

Pak Yudo, demikian panggilan akrab Bapak Pdt. (Em). Judowibowo Poerwowidagdo, Ph.D. Beliau lahir di Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 1 April 1942.

Pak Yudo tercatat sebagai siswa di Oakland Technical High School, California, Amerika Serikat, tahun 1957-1961. Menyelesaikan pendidikan strata 1-nya di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, Tahun 1964. Melanjutkan studi Strata 2-nya di University of Southern California, Los Angeles, Amerika Serikat. Memperoleh gelar Philosophy Doctor (Ph.D) dari University of Pittsburgh, Pensylvania, Amerika Serikat.

Pak Yudo, ditahbiskan pada tanggal 17 Januari 1975, sebagai pendeta kedua (Pendeta Pelayanan Khusus untuk Universitas Kristen Duta Wacana-UKDW), dan tanggal 17 Januari 2009 menjalani prosesi Emeritasi di Gereja Kristen Jawa Jatimulyo, Yogyakarta.

Selain terlibat mengajar di UKDW, Yogyakarta, sejak tahun 1980, dan pernah menjabat sebagai Rektor UKDW periode 1985-1990, beliau aktif diberbagai organisasi. Pak Yudo pernah menjabat sebagai Ketua di Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM). Pernah menjabat sebagai Direktur Centre of Empowering Reconciliation and Peace, Indonesia. Tahun 1997 diberikan kesempatan sebagai Secretary Education di Dewan Gereja Dunia yang berbasis di Swiss. Selain menjadi Rektor UKDW, Pak Yudo sempat menjadi Rektor Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Jakarta, tahun 2000-2002.

Pak Yudo juga aktif menulis. Beberapa judul buku diantaranya: (1) “Pendidikan, pembangunan, dan masa depan bangsa”, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia, tahun 2003; (2) “Rekonsiliasi Nasional: Menuju Masyarakat Sipil Indonesia yang Demokratis”, Tahun 2004.

Beliau mejadi salah satu penulis dalam sebuah buku utuk penghargaan kepada Pdt. Dr. Eka Darmaputra, berjudul “Tantang Jawab Kepemimpinan Kristiani dalam Abad ke-21”. Menulis “Dialog Teks, Tradisi dan Kehidupan Umat : Suatu Pendekatan Metodologis dalam Berteologi” dalam buku “Peran serta Gereja dalam Pembangunan Nasional”, Pustaka Sinar Harapan, 1998. (sfm).

Baca juga:
CH (110): Pengurus dan Pengawas YPTKSW Periode 2010 – 2015
CH (122): Prof. Atmono
CH (125): Sökhi’atulö Laoli
CH (133): Janji Rektor UKSW
CH (149): Pak Cono

(Catatan: penulis menggunakan berbagai sumber di dunia maya untuk penulisan ini).

One thought on “CH (153): Lebih Dekat Dengan Bapak Pdt. Yudo

  1. Banyak data yang disebut dalam blog ini yang salah. Antara lain tempat kelahiran saya tidak di Solo, tetapi di Purwodadi (Grobogan). Saya jadi siswa di Oakland Technical High School tidak mulai th. 1957-1961, tetapi hanya dari th. 1960-1961, sebagai AFS exchabe student.. Saya menyelesaikan Studi Sarjana Muda Theologia di STT Jakarta th. 1964, jadi bukan studi trata 1. Selanjutnya saya menyelesaikan Studi M.A. (setara s-2) bukan di University of Sothern California, Los Angeles, tetapi di San Francisco Theological Seminary, dan Studi doktoral (Ph.D) saya di the University of Pittsburgh, Pittsburgh, Pennsylvania. Sedangkan saya study post Doctoral tentang Komunikasi di The Annenberg School of Communication, University of Southern California, th. 1978.

    Selanjutnya keterangan bahwa saya ditahbiskan sebagai pendeta kedua di GKJ Jatimulyo, pada tgl. 17 Januari 1976, bukan th. 1975. Saya bekerja di Dewan Gereja se Dunia (WCC) dari th. 1990 – 1997 sebagai Executive Secretary pada Program on Ecumenical Thological Education, di Geneva, Swiss. Kemudian berrpindah kantor di Yogyakarta th. 1997-1998, berlanjut dengan jabatan sebagai Consultant on Ecumenical Formation, WCC th. 1999 dan berkedudukan di Yogyakarta.

    Demikian koreksi terhadap data saya dalam blog ini. Harap maklum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s