CH (Special Edition): Perkawinan Tri Partit

Novel ini tidak dimaksudkan sebagai wacana pornografi, melainkan sebuah novel-sosial berkarakter seksualitas wanita sebagai substansinya. Seksualitas sebagai salah satu pengalaman hakiki manusia merupakan pendorong dari pelbagai motif dasar interaksi dan tindak-sosial dengan sesama, layak ditulis utuh sebagai ‘seksografi’, dalam bentuk sebuah tulisan sastra. Satra dengan tiga fungsinya: mathesis, memosis dan semiotik. Satra yang menguak erotisme sebagai rasionalitas praktek keindahan yang bersifat subjektif-ekspresif dalam konteks kompleks rasionalisasi Habermas.

Diyakini novel-trilogi ini memenuhi kriteria persyaratan Atmowiloto (1995) terhindar dari ‘deskripsi seks model stensilan’. Juga ‘peringatan semiotis’ Sunardi ST (2002) agar diskripsi tentang ‘aurat’ harus mensertakan ‘aura’-nya. Tulisan ini berpretensi menjadi catatan sosiologis jagad kehidupan seksualitas atas tokoh-tokoh dalam konteks komunitas dan jaman. Sebuah tafsir sosial atas kenyataan.

Novel ‘Perkawinan Tripartit’ dan ‘Seks Tantri Kemintir’, ditulis di bawah tema “Seksulitas dan Perubahan Sosial” Novel ketiga ingin memperkenalkan filsafat Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryamentaram dalam ‘Manuskrip Pedan’.

Kawruh Jiwa (KJ), tahun 1950-an dikenal sebagai ‘Kawruh Begja’ (Geertz, 1981). Darmanto Jatman (2000) menyebutnya sebagai ‘Prikologi Jawa’. KJ oleh Someya Yoshimichi (1999) dianggap bermanfaat mengurangi psikosomitik gejala bunuh diri, dan Nanik Prihartanti (2003) meyakini bisa meningkatkan kualitas kepribadian. Di Salatiga (2003) KJ dikembangkan sebagai logikopsikologi untuk pembinaan lansia menerima realitas kelansiaan mereka. (Tri Kadarsilo).

Novel Non Fiksi Perkawinan Tripartit, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (sekarang bernama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi) Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga, 50711. Tlp. (0298) 321212 ekstensi 259. (sfm).

Baca juga:

Catatan Harian (42): Selamat Jalan Pak Tri Kadarsilo…

Catatan Harian (51): Sejak Kapan Bangsa Indonesia Itu Ada?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s