CH (163): “Si Coklat” dan PSBI (Refleksi PSBI Bag. 2)

Ada yang mengganggu benak saya ketika pagelaran Pentas Seni dan Budaya (PSBI) 2011 dilaksanakan di Balairung Universitas kampus Universitas Kristen Satya Wacana(UKSW), yaitu hadirnya anggota “Korps Baju Coklat” (alias Polisi). Lalu kenapa hal itu “menganggu”?

Kehadiran Korps Baju Coklat sudah tentu dimaksudkan oleh panitia untuk menjaga keamanan kegiatan PSBI, dan bukan dalam rangka menonton kegiatan tersebut. Niat baik, yang aku pikir tidaklah pas. Pertama, PSBI adalah pagelaran budaya yang disajikan oleh lembaga mahasiswa. Kegiatan mahasiswa tentu akan didominasi oleh “pemuda-pemudi” berpendidikan (mahanya siswa) dan mampu mengerti bagaimana harus bersikap. PSBI bukan kegiatan miri-mirip pertandingan sepak bola antarkampung (Tarkam), ataupun panggung dangdutan, yang sering sekali ributnya ketimbang aman. Kehadiran “Si Coklat”, pasti sangat dibutuhkan.

Kedua, tema yang diusung adalah “Bhineka Tunggal Ika, Ya Satya Wacana”. Tema tersebut menyatakan dengan jelas bahwa keberagaman ada dalam diri Satya Wacana (UKSW), dan menjadi spirit civitasnya. Jika demikian, tentu tidak akan ada upaya-upaya untuk mengganggu keberagaman itu.

Ketiga, telah tersedia keamanan internal (satuan keamanan), yang tentu mengerti seluk-beluk pengamanan di UKSW. Para petugas keamanan pastilah mengerti bagaimana menghadapi “pelaku onar”, dengan latihan-latihan yang telah diperoleh.

Jika tiba-tiba ada yang bertanya: “Kalau tidak ada Si Coklat saat itu, dan ada pembuat onar seperti pernah terjadi sebelumnya, lalu bagaimana?”

Semoga saja sipembuat onar tersebut bukanlah mahasiswa UKSW. Namun kalau ya, bagaimana? Itu berarti mereka belum mampu menjadi mahasiswa, belum mampu mengerti dan memaknai semboyan negara “Bhineka Tunggal Ika” dengan benar, dan terakhir UKSW tidak terlalu yakin dengan satuan pengamanannya sendiri. (sfm).

Baca juga:

CH (146): Koreksi untuk Metro TV (Refleksi PSBI Bag. 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s