CH (169): Yosafati Gulö

yosafati gulo

Yosafati Gulö, S.Pd., atau akrab dipanggil Pak Yos (bukan Bang Yos-Sutiyoso), adalah Sekretaris Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Salatiga. Sosok Pak Yos bukanlah sosok yang asing bagi Satya Wacana. Berikut sekilas profil beliau.

Pak Yos, lahir di Desa Tetehosi, Kecamatan Mandrehe, Tanah Nias, Sumatera Utara, tepatnya 2 Juli 1957. Itu berarti pada tanggal 2 Juli yang lalu, beliau telah genap berusia 54 tahun. Pak Yos terlahir dari keluarga besar, beliau memiliki 13 saudara (10 kandung dan 3 lainnya saudara tiri).

Menurut pengakuan dalam blognya, Pak Yos beryukur bahwa kedua orang tuannya adalah pribadi-pribadi yang senang terhadap kemajuan. “Walaupun susah, mereka (orang tua) berjuang keras menyekolahkan kami anak-anak mereka. Salah satunya, Saya, bisa sekolah sampai lulus perguruan tinggi”, demikian tulisnya.

Yos kecil masuk Sekolah Dasar Negeri di desanya Mandrehe, dan menamatkannya tahun 1970. Setelah lulus dari SMPS Mandrehe, Yos masuk Pendidikan Guru Agama Atas Kristen Protestan (PGAAK/P) Banua Niha Keriso Protestan Gunungsitoli, Nias. Memperoleh gelar Sarjana Muda Pendidikan dari Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Gunungsitoli. Walau sempat menjadi guru dan mengajar SMP dan SMA di Kota Gunungsitoli, dan bahkan sempat mendapat posisis sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Administrasi di SMA Pembda-1, Yos muda memutuskan hijrah ke Tanah Jawa untuk menuntut ilmu lebih dalam lagi.

Singkat cerita, Yos muda menapakan kakinya di Kota Salatiga, dimana Ia masuk sebagai mahasiswa di Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Gelar sarjana pendidikan (S.Pd) diperolehnya tahun 1990.

Selama bermahasiswa di UKSW, Yos muda aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Setelah menjabat Ketua Bidang Profesional Skill di lingkungan Senat Mahasiswa FKIP UKSW, Yos memegang posisi sebagai Ketua Umum Badan Koordinasi Mahasiswa UKSW, Periode 1988-1989.

Yos muda juga tercatat aktif sebagai anggota redaksi dan penulis di Koran Bulanan “Gita Kampus” UKSW. Sejumlah artikelnya sempat dipublikasikan oleh Suara Merdeka, Kartika, Jawa Pos, Jayakarta, dan Suara Pembaruan.

Selama 2 tahun (1990-1992), Yos menjadi staf di Sekretariat Bersama Lembaga-lembaga Pendidikan Kristen Indonesia (Sekber LPKI) di Salatiga. Sempat menjadi Staf Redaksi Majalah Refleksi milik Yayasan Bimbingan Kesejahteraan Sosial (YBKS) Solo.

Sejak tahun 1994 hingga 2001, Pak Yos bergiat di Yayasan Perguruan Kristen (YPK) Kediri. Berbagai posisi pernah dirasakan selama di YPK, sebagai Wakil General Manejer, Kepala Sekolah SMP, dan Penanggungjawab Bidang Personalia.

Berhenti dari YPK, Pak Yos mulai berwirausaha di Kediri, dalam bidang distribusi dan penyedia pakaian anak-anak, sandal, sepatu, dll.

Ketika Tsunami menghantam Aceh dan Nias, pria berdarah asli Nias itu terpanggil membangun Nias kembali. Selama 2 tahun (2006-2008), Pak Yos menjadi Asisten Manajer Bidang Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias.

Pada tahun 2010, Pak Yos diberikan kepercayaan sebagai Sekretaris Pengurus YPTKSW hingga nanti berakhir tahun 2015. Ikut menjabat dalam organ Pengurus YPTKSW, Pdt. Em. Judowibowo Poerwowidagdo, Ph.D., sebagai Ketua Umum, Leksono Probo Subanu, Ph.D., sebagai Ketua, dan Drs. Tri Budi Santosa, M.M., M.Si., sebagai Bendahara.

Di sela-sela kesibukannya, Pak Yos masih menyempatkan menulis. Beberapa tulisannya dapat diakses lewat 3 blognya, yaitu: yosafati.wordpress.com, yosafatigulo.blogspot.com, dan kompasiana.com/yosa.

Pak Yos menikah dengan alumnus Fakultas Hukum UKSW, Desyani Betty Wibowo, S.H., dan dikarunia 3 orang putra. (sfm).

Referensi:
CV Yosafati Gulo, S.Pd.
yosafatigulo.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s