CH (170): Saam, You cannot post to justitia_uksw@yahoogroups.com

Pagi ini (13/07), ketika mengecek email, Saya menerima kiriman dari Yang Terhormat (Yth) Moderator Mailing List (Milis) Alumni Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (FH UKSW). Terus terang, isi email membuat Saya binggung. Berikut selengkapnya isi email itu.

Saya berinisiatif membalas email tersebut untuk memberikan jawaban. Saat membuka link group yang tersedia dibawah email tersebut, saya dikejutkan dengan informasi yang tertera di group “Tempat Komunikasi Alumni FH UKSW” itu, berikut di bawah.

Saya kembali membaca email Yth. Moderator dengan seksama, untuk mencerna isi email dengan seksama. Dari email tersebut, tampaknya Yth. Moderator tidak berkanan adanya posting-posting profile ke  Millis.

Kebetulan, kemarin (12/07), Saya seperti biasa melakukan posting penggalan tulisan dari blog Saya. Kali itu saya memposting tulisan berjudul, “CH (169): Yosafati Gulö”, dengan terlebih dahulu menuliskan OOT (Out Of Topic), di depan subject judul (sehingga menjadi oot: CH (169): Yosafati Gulö). OOT memang diperuntukan bagi posting tulisan di luar interest group.

Membingungkan, karena: Pertama, Saya telah mengikuti pakem yang telah diaturkan (dengan menggunakan OOT); Kedua, jawaban Yth. Moderator “…Tolong ditinjau ulang yah, atau untuk sementara silahkan cuti posting dulu”, itu serasa demokratis (Saya pikir sifatnya hanya sekedar mengingatkan dan memberi peringatan, tidak serta-merta menutup akses saya untuk posting), namun faktanya tidak ada pilihan bagi Saya, “You (Saam) cannot post to justitia_uksw@yahogroups.com”; Ketiga, sebenarnya (jika dibaca hingga akhir) tulisan CH (169): Yosafati Gulö, sedikit berhubunga dengan Alumni FH, karena Pak Yos menikah dengan alumnus Fakultas Hukum UKSW, Desyani Betty Wibowo, S.H.🙂; Keempat, atau karena itu profil seorang Yosafati Gulo, ya, sehingga kurang berkenan? Terakhir, Banyak juga member millis yang melakukan posting di luar interest group (seperti renungan, dll), dan tampaknya Yth. Moderator adem ayem saja.

Saran Moderator agar posting profile ke Millis Ikasatya (Ikatan Alumni Satya Wacana) Nasional, tidak dapat Saya terima, karena Saya telah lama sekali undur diri dari millis tersebut (karena alasan tertentu).

Well, sudahlah mau diapakan lagi. Karena kelihatannya keputusan Yth. Moderator bersifat final dan mengikat. Semoga Yth. Moderator tidak sampai hati mengirimkan Somasi, karena mungkin tersinggung dengan tulisan ini (lah bagaimana lagi, karena saya tidak punya akses untuk memberikan jawaban ke group).🙂 (sfm).

Catatan: saya ucapankan terima kasih atas “perhatian” Yth. Bapak Moderator dan Mas Admin Millis Alumni FH UKSW (Pak Boyd Ratuwalu dan Mas Immanuel Alva Andono). Tuhan memberkati pelayanan Bapak dan Mas.

Baca juga:

CH (120): “Ditegur” Admin Millis

CH (121): “Teguran” Berlanjut…

Leave a Reply

