CH (173): Tentang GPNSW

Syukur kepada Tuhan, akhirnya pada hari Jumat, 15 Juli 2011, telah terbentuk Grup Guyub Pegawai Nonakademik Satya Wacana (GPNSW) di Facebook. Sejumlah pertanyaan muncul seiring tumbuhnya grup ini, dan berikut adalah jawabanya.

GPNSW adalah ruang nonfromal bagi Pegawai Nonakademik (Nondosen) dilingkungan Satya Wacana. Baik itu pegawai tetap, kontrak, harian, maupun partimer (paruh waktu). Ruang formal bagi pegawai Satya Wacana sendiri, telah diwadahi dalam Dewan Pegawai Satya Wacana. Grup ini tidak bermaksud menjadi tandingan bagi Dewan Pegawai, namun jika diijinkan, dapat menjadi pelengkap. Grup ini bertujuan untuk lebih menguyubkan para pegawai nonakademik melalui jalur online via facebook. Berbagai informasi dapat disampaikan di sini, baik berupa berita keluarga (perkawinan, kelahiran, dll), atau berita-berita lain yang sekiranya dapat mempererat tali silahturahmi antarpegawai nonakademik.

Member (anggota) dari grup ini semakin bertambah, dari seorang menjadi telah mencapai mendekati angka 100 orang. Kemungkinana, angka tersebut akan semakin terus naik, karena jumlah pegawai nonakademik Satya Wacana lebih dari 700 orang. Namun yang patut dicatat adalah kekuatan dari grup ini bukan pada jumlah (kuantitas) members, kekuasaan, ataupun jabatan. Kekuatan grup ini terletak pada 2 fondasi utama, yaitu (1) “takut akan Tuhan” dan (2) kebersamaan sebagai sesama pegawai. Sejatinya, kedua fondasi itu-lah yang diajarkan oleh para pendiri dan pendahulu kita di Tanah Satya Wacana ini.

Kami, Soni Sigilipoe dan Saam Fredy Marpaung, yang bertugas menjadi Administrator, bukanlah penguasa dari grup ini. Kami adalah pelayan bagi semua. Karena kami menyadari bahwa para members-lah sejatinya pemilik grup ini.

Kesadaran bahwa members-lah yang empunya grup ini, patut diresapi oleh para members sendiri, sehingga para members diharapkan berperan aktif untuk berkontribusi membangun kebersamaan grup ini. Members-lah penentu kebijakan dan arah tujuan dari grup ini. Ditangan members-lah semua itu diserahkan.

Tentu, kita semua sangat menyadari dinamika yang terjadi, dan akan terjadi hari ini dan masa yang akan datang. Pasti akan ada perbedaan pandang, masalah, dan lain sebagainya. Namun dengan semangat “takut akan Tuhan” dan kebersamaan/guyub sebagai pegawai, kita harus yakin bahwa semua perbedaan, masalah, dan apapun itu, adalah jalan menuju kebaikan dan media untuk saling mengenal satu dengan yang lain.

Akhir kata, salam guyub, salam nyedulur…Tuhan memberkati. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s