CH (177): Apakah Beasiswa Adalah Jawaban?

Secara tidak sengaja, saya menemukan sebuah berita di Kompas.com, tertanggal 8 Juli 2011, dengan judul “Peminat Sedikit, UKSW Buka Beasiswa”. Sebagai alumnus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Saya pun bertanya-tanya dalam hati.

Berikut selengkapnya berita dari media nasional tersebut.

SALATIGA, KOMPAS.com — Peminat Program Studi Ilmu Ekonomi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga masih sedikit. Padahal, lulusan Ilmu Ekonomi juga dapat berkarier di berbagai sektor, tidak hanya di bidang keilmuan.

Pengajar Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW, Eranus Yoga Kundhani, mengungkapkan hal itu di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (8/7/2011). Peminat prodi tersebut per tahun rata-rata 25 orang.

“Karena itu, kami menyediakan beasiswa setiap tahun untuk menarik minat calon mahasiswa sekaligus sebagai sosialisasi bahwa prodi ini tidak semata-mata keilmuan, tetapi juga terapan,” kata Eranus.

Eranus menjelaskan, ada dua konsentrasi dalam prodi Ilmu Ekonomi, yaitu Keuangan dan Perencanaan Regional, sehingga para calon mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai karier yang akan ditempuh setelah lulus kuliah.

FEB UKSW menyediakan beasiswa sebanyak 25 persen dari total mahasiswa yang diterima. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa tersebut masih terbuka hingga 31 Juli 2011 bagi para calon mahasiswa yang berprestasi tetapi mengalami kesulitan keuangan.

Sepenangkapan Saya setelah membaca berita tersebut adalah pertama, bukan UKSW secara keseluruhan yang kekurangan peminat seperti tertayang dalam judul, tapi khusus kepada Progdi Ilmu Ekonomi (IE) FEB saja. Kedua, Progdi IE FEB mencoba menarik minat calon mahasiswa dengan memberikan sejumlah beasiswa, diklaim 25% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang masuk. Ketiga, sebagai catatan, bagi penerima beasiswa harus berprestasi tetapi mengalami kesulitan keuangan.

Sebagai alumni UKSW, walaupun bukan jebolan FEB, Saya cukup prihatin terhadap permasalahan yang dihadapi Progdi IE. Namun apakah dengan memberikan sejumlah beasiswa adalah sebuah jawaban yang tepat untuk menarik minat mahasiswa? Kalaupun itu sebuah jawaban, semoga bukanlah satu-satunya pilihan yang ada. (sfm).

4 thoughts on “CH (177): Apakah Beasiswa Adalah Jawaban?

  1. ceweku salah satu penerima beasiswa 100%….. kuliah bukan masalah teman yang banyak atau sedikit,tetapi ilmunya….. semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  2. Jurusan2 yg kurang diminati perlu dibuat promosi dgn cara spt itu, tdk akan mengurangi makna jg berkuliah disana… toh tetap sj ada prasyarat yg harus dilengkapi yaitu kemampuan akademis yg harus diatas rata-rata. Sy pernah mendapat bea siswa di jurusan yg sedikit peminatnya, sy anggap rejeki krn sudah rajin belajar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s