CH (184): Aarakshan, A Bollywood Controversy

Aarakshan, sebuah film arahan sutradara Prakash Jha, menuai kontraversi di negerinya sendiri, India, baru-baru ini. Demikian diberitakan situs nytimes.com, (12/08). Apa yang membuat kontraversi itu menarik untuk menjadi perhatian bersama?

Aarakshan, yang berarti “reservation”, menceriterakan tentang pemberian sejumlah kursi di perguruan tinggi bagi kaum termarginalkan India, termasuk didalamnya adalah mereka dengan kasta rendah.

Menurut Wikipedia, film tersebut dilarang diputar di 3 negara bagian India, yaitu Uttar Pradesh, Punjab, dan Andhra Pardesh. Walaupun India secara jelas telah menghapuskan sistem kasta dalam konstitusinya, namun pro-kontra terhadap film tersebut menunjukan bahwa masih kentalnya sistem tersebut dalam masyarakat India.

Saya jadi tertarik untuk melihat film ini.

Indonesia

Negeri ini memang telah lama meninggalkan sistem kasta, setidaknya dulu pernah dialami saat masih dalam bentuk nusantara. Negeri ini pun telah menyatakan bahwa “mencerdaskan kehidupan bangsa” sebagai tujuan dalam pembukaan konstitusi kita, serta amanat untuk memberikan 20% anggaran negara untuk pendidikan. Namun, apakah kita semua masih bisa mengenyam pendidikan berkualitas dengan harga terjangkau? (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s