CH (191): RHK Yosua 24:15

Renungan Harian Kampus (RHK) kembali hadir di tengah-tengah sivitas akademika Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Tema yang diusung kali ini sangatlah menarik, yaitu diambil dari Kitab Yosua 24:15.

Yosua, Nabi yang hidup dalam kisah perjanjian lama tersebut berkata, Tetapi Aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan”. Dalam pengantarnya, Bapak Pendeta Campus Ministry (CM) UKSW Wellem Sairwona, M.Th., menyimpulkan bahwa dibutuhkan keteladanan seperti sosok Yosua, yang setia itu, ditengah kehidupan kita sehari-hari, dan tentu di tengah-tengah civitas akademika UKSW. Apakah bisa, ditengah deru dan topan keduniawian? Satu catatan Pak Wellem, “Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan hikmat ilahi yang berakar kepada sikap takut akan Tuhan”. Takut akan Tuhan sendiri adalah pengakuan iman UKSW sejak berdiri, seperti ditertulis dalam Amsal Sulaiman 1:7a.

RHK kali ini merupakan edisi ke-20, untuk periode September hingga Oktober 2011. Di dalamnya, digelar lebih dari 60 renungan, yang ditulis oleh 13 orang. Diantara penulis ada Prof. Dr. Teguh Prasetya, S.H., M.Si., Dr. Christina Maya Indah, S.H., M.Hum., Dr. Ir. Endang Pudjihartarti, M.S., Saptadi Nugroho, S.T., M.Sc., Yulius Pratomo, S.E., M.IDc., Yosafati Gulo, S.Pd., Daniel Manalu, S.Si.Teol., serta Heri Firmanto, S.Si.Teol.

Rektor Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D., sempat menjadikan pijakan ayat tersebut ketika menyampaikan kotbah saat Ibadah Senin (22/08). Rektor bahkan sempat menyinggung kalau dia pernah meminta CM, agar CM menjadikan ayat tersebut sebagai tema Ibadah Senin. Seperti kebiasaan, tema Ibadah Senin juga menjadi tema dalam pembuatan RHK. Rencananya, akan ada secara terpisah, tulisan penulis tentang kotbah rektor dimaksud. Jadi, ditunggu saja. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s