CH (197): Mel Gibson and The Story About Hanukkah

Aktor kawakan Hollywood, Mel Gibson, berencana membuat sebuah film tentang tokoh heroik bangsa Yahudi Judah Maccabee (JM). Demikian dilaporkan situs berita huffingtonpost.com, (12/09). Lalu apa hubungan antara JM dengan Hanukkah?

Menurut situs about.com, diketahui bahwa JM atau dikenal sebagai Yehuda HaMaccabee/Judas Maccabeus, memimpin perjuangan bangsa Yahudi melawan Yunani-Syria, pada tahun 165 sebelum Kristus lahir (Before Common Era). JM beserta tentara Yahudi mampu memperoleh kemenangan, dan memaksa lawan mundur ke Antioch. Kemenangan tersebut membuahkan 2 hal besar bagi Bangsa Yahudi, yaitu: (a) kontrol sepenuhnya atas Jerusalem; dan (b) kebebasan menunaikan ibadah secara Yahudi. Orang Yahudi pun merayakan kemenengan tersebut sebagai Hanukkah.

Pro-kontra pembuatan film tersebut terjadi dikalangan ulama Yahudi. Rabbi Marvin Hier mengungkapkan bahwa rencana itu sebagai penghinaan untuk orang Yahudi. Disisi lain, Rabbi Irwin Kula mendukung dengan alasan bahwa film tersebut berpeluang untuk menceriterakan kepada banyak orang tentang Hanukkah.

Satu permasalahan timbul menurut Huffington, yaitu baik aktor ataupun sutradara, tidak mampu menemukan kisah pembebasan/penyelematan dari kisah JM tersebut.

Hmmm…jika mereka tidak menemukan kisah pembebasan dalam film tersebut, maka tentu tidak ada kisah heroik yang bakal disuguhkan, berbeda dengan film-film Box Office Gibson lain, seperti “The Passion of the Christ”, “Braveheart” dan “Apocalypto”. Mengapa tema (pembebasan) itu penting? Menurut saya dikarenakan tema itu bisa “menawarkan” nuansa Yahudi, sehingga bisa diterima luas. Kalau memang seperti itu, bisa tidak ya, film tersebut jika selesai digarap, dapat masuk ke Indonesia? (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s