CH (198): Menyibak Karya Ilahi Melalui Dunia Kampus

…..dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan…

Demikian isi Roma 5:4. Satu ayat ini, mampu mewakili kesan akhir saya, setelah membaca buku berjudul, “Kisah Yang Belum Usai: Menyibak Karya Ilahi Melalui Dunia Kampus”, sebuah buku refleksi 40 tahun perjalanan Persekutuan Kristen Antar Universitas (Perkantas) di Indonesia.

Mengapa ketekunan, menjadi kata kunci dalam kesan akhir saya? Dari awal hingga akhir buku yang diterbitkan oleh Penerbit Literatur Perkantas, Juli 2011 ini, menunjukan bahwa “pengakuan iman” mereka-mereka yang bergumul bersama Perkantas adalah ketekunan mereka untuk memegang teguh ajaran Kristus, terutama dalam kehidupan mereka sehari-hari di masyarakat.

Buku yang disusun oleh Grace Sasongko, Philip Ayus, Sutrisna Harianto, Yulius Tandyanto, tersebut tidak menonjolkan kekuatan materi, kekuatan finasial, atau bahkan embel-embel jabatan yang dimiliki oleh mereka-mereka yang bergumul dalam perkantas. Dengan rendah hati, Perkantas menyakini bahwa perjalanan mereka selama 40 tahun adalah berkat Tuhan atas ketekunan. Jonathan Parapak, salah satu pendiri Perkantas, dalam pengantarnyapun tampak menyadari hal itu.

Ini menarik perhatian Saya. Ditengah-tengah banyak orang Kristen atau lembaga-lembaga Kristen (baik Gereja, Lembaga Swadaya Masyarakat, ataupun institusi pendidik) berlomba-lomba mengejar “kelimpahan materi”, Perkantas menjawabnya dengan ketekunan.

Ditengah kesibukan orang Kristen menguatkan fondasi kekuatan materi dirinya, pembangunan gereja-gereja besar dan luas dimana-mana, ataupun kampus-kampus Kristen yang melebarkan sayapnya dengan membagun kampus-kampus baru untuk menampung mahasiswa sebesar-besarnya, Perkantas menyadari bahwa itu bukanlah yang utama. Yang utama adalah bagaimana membangun mental pemuda-pemuda Kristen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, agar tekun dan mampu untuk menjadi “garam dan terang bagi dunia”. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s