CH (207): Naiknya Litelnoni, dan Hubungannya dengan Satya Wacana

Seorang sahabat mengirimkan SMS kemarin siang, (2/10), isinya tentang telah terpilih pengurus Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Periode 2011 – 2015. Setelah Saya cek melalui account Facebook Sinode GMIT, kemarin pagi (3/10), info  tersebut benar adanya. Berikut susunan lengkap kepengurusan Sinode GMIT hasil Sidang Sinode XXXII.

R.Litelnoni

Terpilih sebagai Ketua    adalah Pdt. Robert Litelnoni, S.Th; Wakil Ketua Pdt. Mince Kameli Maleng; Sekretaris Pdt. Benyamin Naralulu; Wakil Sekretaris Pdt. Ince Ay Toselak; Bendahara Wem Nunuhitu; Anggota Pnt. Ayub Titu Eki (Bidang Pendidikan), Dkn. Ince Sayuna (Bidang Hukum), Pnt. Sofia Malelak-de Haan (Bidang Ekonomi), Dkn. Paul Lianto (Bidang Politik).

Menurut sebuah blog, komposisi tersebut cukup menarik jika dilihat dari latar belakang etnis, sebagai berikut. Ketua adalah seorang keturunan Tionghoa, begitu juga dengan Inche Sayuna dan Paul Liyanto. Terdapat 3 orang dari suku Rote, yaitu Messakh Dethan, Ince Ay-Touselak, serta Sofian de Haan. Satu bersuku Timor Ayub Titu Eki. Satu orang Sabu Benyamin Naralulu. Seorang Alor Welimince Kameli- Maleng. Seorang lagi campuran Sabu-Rote Wem Nunuhitu.

GMIT – Satya Wacana

GMIT menjadi salah satu gereja pendukung Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), dan berhak mengirimkan utusannya untuk masuk dalam organ Pembina YPTKSW. YPTKSW sendiri mengelola Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sekolah Tinggi Bahasa Asing Satya Wacana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Sumba, dan PT Satya Mitra Sejahtera. Salah satu hak Organ Pembina YPTKSW adalah memilih rektor UKSW.

Dalam kepengurusan Pembina YPTKSW untuk Periode 2008 – 2013, GMIT mengirimkan Ketua Sinodenya (sekarang mantan) Pdt. Dr. Eben Nuban Timo.

E. N. Timo

Sidang Sinode yang berlangsung di Aula Pertemuan Jemaat Elim Naibonat, sempat dihebohkan dengan adanya teror SMS yang diterima oleh pimpinan sidang Pdt. Eben. “Saya mendapatkan SMS. Penuh fitnah, sangat keji. Memfitnah dan membunuh karakter. Oleh karena itu, bapak ibu yang sudah mendapat SMS itu, silakan baca. Saya sudah kordinasikan dan meminta polisi melacak siapa yang mengirimkan SMS itu. Itu saja yang saya beritahukan,” Demikian ucap Pdt. Eben di depan sidang, seperti dikutip tribunnews.com.

Kembali ke YPTKSW. Dengan berakhirnya masa kepemimpinan Pdt. Eben, akankah Sinode GMIT melakukan pergantian terhadap utusannya di Organ Pembina YPTKSW, yaitu dari Pdt. Eben ke Pdt. Robert Litelnoni, S.Th? Mari kita tunggu saja jawabannya. (sfm).

One thought on “CH (207): Naiknya Litelnoni, dan Hubungannya dengan Satya Wacana

  1. Menarik sekali apa yang tanyakan di atas. Beberapa bulan berlalu dan satu demi satu pertanyaan mulai terjawab. Pdt. Robert Litelnoni, S.Th., ketua sinode GMIT yang baru telah duduk di dalam Dewan Pembina YPYKSW. Sedangkan Pdt. Dr. Eben Nuban Timo, mantan Ketua Sinode GMIT yang baru saja diganti oleh Pdt. Robert Litelnoni, dirangkul oleh Rektor UKSW, Prof. Pdt. John A.Titaley, untuk menjadi dosen tetap di Fakultas Teologi UKSW. Sebelumnya, Rektor UKSW telah mengangkat Pdt. Dr. Thobias Messakh, yang juga adalah mantan Ketua Sinode GMIT, sebagai dosen kontrak di Fakultas Teologi. Dengan demikian, kini, telah ada 2 mantan Ketua Sinode GMIT – Kupang, di Fakultas Teologi UKSW. Jauh sebelumnya lagi, telah ada utusan Sinode GMIT (pada masa kepemimpinan Pdt. Dr. Eben Nuban Timo), yakni Pdt. Wellem Sairwona, M.Th., yang kini menjabat Pendeta Mahasiswa di UKSW. Lebih menarik lagi, ternyata keempat nama yang disebut di atas, ternyata tinggalnya bersebelahan rumah, di Perumsat Kartini.

    Kalau orang pintar mengatakan bahwa ”tidak ada makan siang gratis”, maka apa yang terjadi sekarang pastilah akan mempengaruhi suara perwakilan Sinode GMIT, yang duduk dalam Dewan Pembina YPTKSW, pada saat pemilihan Rektor UKSW periode 2013 – 2017 yang akan datang. Mari kita lihat apa yang akan terjadi ke depan, saat suksesi UKSW 1, yang tinggal setahun lagi…. Ini pertanyaan berikut yang belum bisa dijawab sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s