CH (211): Rendah, Tingkat Stres Dosen UKSW

Penelitian Prof. Dr. Wijono Sutarto, M.A., terhadap stress kerja terhadap 96 dosen Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dipilih secara acak, menunjukan hanya 12 % dosen yang mengalami tingkat stress yang tergolong tinggi. Sisanya, 45 % dalam kategori rendah, dan 39 % pada tataran sangat rendah. Menarik sekali.

Lebih menarik lagi ketika penelitian tersebut memperlihatkan bahwa 69,79 % dari para dosen, mengatakan bahwa mereka memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi, 22,92 % sangat tinggi, baru sisanya yang hanya 7 % mengatakan kepuasannya rendah.

Dari dua hasil tersebut, tampaknya sangat berpegaruh kepada prestasi kerja para dosen. Rendahnya stres kerja dan kepuasaan yang lumayan tinggi, berakibat pada 64 % dosen digolongkan memiliki prestasi yang tinggi, 21 % sangat tinggi, sisanya 10 % rendah, dan hanya 5 % yang menyatakan sangat rendah.

Simpulan

Dari hasil tersebut, Saya mau mengajukan simpulan umum dan sederhana, sebagai berikut: Bekerja sebagai dosen di UKSW, tidak akan memiliki tingkat stres yang tinggi. Karena tidak ada yang stress, maka prestasi pun akan berkorelasi positif. Dengan demikian, maka semua dosen akan puas bekerja di UKSW. Sangat menarik.

Kalau itu penelitian berfokus kepada dosen, ada baiknya peneltiian dilanjutkan dengan mengukur tingkat stress pegawai bukan dosen di UKSW. Kira-kira gimana ya hasilnya, apakah akan sama dengan para dosen? (sfm).

Sumber data: Stres Kerja Dibalik Makna dan Dampaknya dalam Organisasi, Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Sutarto Wijono, M.A., UKSW, 7 Oktober 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s