CH (230): Terima Kasih XL

Umbul-umbul XL berkibar megah di kampus UKSW

Sejumlah umbul-umbul XL gagah berkibar di kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) beberapa hari belakangan. Menjulang tinggi, bersanding dengan pepohonan nan rindang di kampus yang terkenal dengan slogan “hijau”-nya sejak dahulu kala. Satu hal yang patut aku syukuri, bahwa pemandangan tersebut menyadarkan aku, bahwa aku patut berterimakasih kepada XL dan (mungkin) kepada almamaterku, UKSW.

Kibaran umbul-umbul XL tersebut memang dihadirkan untuk menyambut sebuah event besar yang baru saja terjadi di kampus. Seperti biasa, mungkin itu kompensasi atas kontribusi sponsorship XL. Tentu ini sudah kesekian kali, XL memberikan dukungan kepada UKSW. Sudah pasti, dukungan yang sangat berarti bagi UKSW dalam mengerakan sejumlah kegiatan.

Selain berterima kasih atas kontribusi XL, umbul-umbul tersebut juga memberiku penyadaran akan arti pentingnya menjaga dan merawat lingkungan, terutama kehidupan pepohonan kampus. Sejumlah paku yang ditanamkan ke pepohonan, agar umbul-umbul XL terlihat gagah dan menjulang tinggi itu, menyadarkan aku bahwa hal itu adalah tindakan yang kurang elok dan mungkin tidak bijaksana. Sebagai civitas yang berpendidikan tinggi, UKSW tentu memahami hal itu.

Saya jadi teringat cerita seorang senior tentang bagaimana dia dan sejumlah mahasiswa lainnya mempertahankan sejumlah pohon peneduh di Jl. Diponegoro (tepatnya depan kampus), dari upaya penebangan “semena-mena” Pemkot Salatiga. Mereka berdemonstrasi, bahkan ada yang sangat ekstrim, yaitu dengan merantai dirinya di pohon-pohon tersebut. Itu aku pikir adalah “kecintaan” kepada kehidupan. Sudah barang tentu, pohon-pohon yang tumbuh di luar pekarangan saja diperjuangkan kehidupannya, apalagi pepohonan di dalam halaman sendiri.

Well, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada XL, atas dukungan dan penyadaran yang telah diberikan. Sebagai alumni UKSW, saya berharap agar dukungan XL terus mengalir, dan tentu saling berevaluasi untuk kebaikan bersama (XL-UKSW). Semoga. (sfm).

One thought on “CH (230): Terima Kasih XL

Leave a Reply

