CH (232): Ada Apa dengan Para Senator?

Dibalik seremonial Upacara Dies Natalis ke-55 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang berlangsung tepat tanggal 30 November 2011 (kemarin), di Balairung Universitas (BU), ada satu pertanyaan yang terbersit dalam benak saya, “Ada Apa dengan Para Senator (A2DPS) UKSW?”.

Acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis dan peluncuran kembali buku Dr. O. Notohamidjojo, S.H., “Kreativitas Yang Bertanggungjawab” itu, hanya dihadiri (kalau tidak salah hitung) hanya separuh dari jumlah keseluruhan senator universitas. Hal itu dapat dilihat di foto di atas, para senator duduk di sisi depan sebelah kiri BU.

Jumlah senator universitas sebanyak (kira-kira) 45 orang, yang terdiri atas pimpinan Universitas, para guru Besar, para dekan, Direktur Program pasca Sarjana, Direktur program Profesional, Kepala perpustakaan Universitas, Para wakil pegawai Dosen, Wakil Dewan pegawai dan Wailk lembaga kemahasiswaan (Pasal 19 Ayat 3, Statuta UKSW Tahun 2000).

Kalau saya ditanya A2DPS? Maka jawab saya, “Saya tidak tau, dan tidak berminat untuk berspekulasi tentang hal tersebut”. Tapi saya berharap, ini bukan pertanda buruk bagi UKSW. (sfm).

0 thoughts on “CH (232): Ada Apa dengan Para Senator?

  1. Koreksian buat tulisan di atas:
    1. Singkatan A2DPS atau Ada Apa Dengan Para Senator (A2DPS) UKSW agak kepanjangan, bila dibandingkan dengan judul film A2DC (Ada Apa Dengan Cinta) yang sangat terkenal itu. Usulku adalah A2DS atau Ada Apa Dengan Senator? Kalau judul ini diterima, maka foto di atas bisa dibuat menjadi sebuah sinetron (bahkan sebuah film) yang siapa tahu bisa menandingi kepopuleran film/sinotren A2DC. Selanjutnya terserah pak Saam, apakah sinetron di atas mau dibuat happy ending atau sad ending.
    2. Jumlah senator yang hadir “kalau tidak salah hitung” hanya separuh dari jumlah keseluruhan senator di UKSW. Menurut saya, kalau tidak salah hitung, maka itu berarti “benar” hanya separuh jumlah keseluruhan senator di UKSW. Bagi yang tidak percaya, silahkan hitung sendiri! Salah sendiri, kenapa tidak mau percaya (he,, he,,). Yang pasti fenomena di atas telah diungkapkan secara terbuka oleh salah seorang senator (yakni oleh Ketua SMU UKSW) dalam sesi tanya jawab pada kegiatan seminar pokok – pokok pikiran pak Noto, tanggal 29 November 2011 atau tepat sehari sebelumnya. Ketua SMU mengakui sekaligus mempertanyakan mengapa rapat – rapat senat universitas seringkali tidak pernah qoarum. Sayang tidak ada jawaban yang “tuntas” atas keluhan dari perwakilan tertinggi mahasiswa/i se-UKSW tersebut. Dengan demikian, fenomena ini bukan “rahasia” umum lagi, melainkan sudah menjadi “pengetahuan” umum bagi setiap orang yang peduli dengan UKSW kini.
    3. Kalimat bahwa kalau saya ditanya A2DPS? Maka jawab saya, “Saya tidak tau, dan tidak berminat untuk berspekulasi tentang hal tersebut”. Tapi saya berharap, ini bukan pertanda buruk bagi UKSW. Menurut saya, pak Saam terlalu PD (Percaya Diri)! Kalau kita melihat kembali apa yang terjadi pada seminar tanggal 29 November di BU UKSW, maka jangankan pak Saam (——-), para mantan rektor UKSW saja (dan mantan rektor yang kini menjabat rektor lagi) juga tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut! Dan seandainya saja para mantan rektor/rektor itu berani menjawab, maka belum tentu jawaban setiap orang akan sama. Bahkan bisa saja terjadi, seperti pada tanggal 29 November tersebut, bahwa mantan rektor yang satu tidak terima atau tidak setuju dengan pendapat mantan rektor/rektor yang lain. Manarik, bukan?!
    Jadi menurutku, pertanyaan tentang A2DPS atau A2DS sudah seharusnya kita tanyakan langsung kepada TUHAN, Kepala 18 Sinode Gereja dan Pemilik Universitas ini. Dan mari kita berdoa dan berharap (bukan lagi kepada manusia) agar jawaban dari TUHAN nantinya tidak menjadi pertanda buruk bagi UKSW menjelang suksesi rektor tahun 2013 yang sudah menjelang. Sugeng Warso Enggal 2012. Assalam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s