CH (239): Nusantara Vs Patent Ikasatya

Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Kristen Satya Wacana (PP Ikasatya) bekerja sama dengan Patent membuka bisnis Tour and Travel di dalam kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dengan nama Patent Ikasatya (Patik) Tour and Travel. Diresmikan pelayanannya pada 1 Desember 2011, Patik akan bersaing dengan pemain lama (yang telah ada sebelumnya di dalam kampus UKSW), yaitu Nusantara Tour and Travel.

Keberadaan Patik menambah koleksi bisnis PP Ikasatya dalam kampus, sebelumnya telah ada Jasa Cleaning Service (melayani kebersihan di beberapa gedung dalam kampus) dan Fotocopy Center Alumni. Patik sendiri berbagi ruang dengan Kantor PP Ikasatya (kalau tidak salah luasnya hanya 28 meter persegi.

Sebagai alumni UKSW, saya berharap semoga Patik hanya a small step menuju bisnis Ikasatya yang lebih besar lagi, sehingga PP Ikasatya bisa membangun gedungnya sendiri, tidak lagi menyewa “sebuah kamar” berukuran lumayan (bagi anak kos) itu. Semoga… :-) (sfm).

One thought on “CH (239): Nusantara Vs Patent Ikasatya

  1. Mari kita tunggu apa yang akan terjadi dengan NUSANTARA TRAVEL dan PATIK TRAVEL pada tahun 2012 ini. Jenis usahanya sama, tapi namanya beda. Sama – sama travel, tapi yang satu namanya NUSANTARA dan yang lain namanya PATIK.
    Letaknya juga sama – sama di kampus yang sama, UKSW. Bahkan mengunakan gedung (baca: rumah) yang sama, tapi berbeda kamar. Kamar yang satu menghadap ke timur (tempat matahari terbit), sedangkan yang lain menghadap ke barat (saat matahari terbenam). Mari kita tunggu, manakah yang akan terus bersinar, dan manakah yang akan “terbenam”.
    Dari sisi pemasukan (input), sama – sama menyetor duit (atau sebahagian duitnya) ke Satya Wacana. NUSANTARA bayar sewa gedung ke PT SMS, yang berada di bawah naungan YPTKSW. Jadi keuntungan dari PT SMS pasti akan “dinikmati” oleh UKSW lewat YPTKSW. Agak berbeda dengan PATIK yang dikelola oleh PP IKASATYA, yang bukan bagian langsung dari YPTKSW. Jadi keuntungan dari PATIK pasti akan dinikmati oleh PP IKASATYA, tapi apakah akan disetor ke YPTKSW? Kita lihat saja nanti.
    Yang pasti, baik PT SMS maupun PP IKASATYA, sama – sama dikelola oleh alumni – alumni UKSW! Tapi mengapa keduanya tidak bekerja sama untuk mengelola satu travel yang sama? Kita tunggu aja apakah hal itu akan terjadi ataukah tidak?
    Tetapi satu yang perlu diingat, kalau sesama bus dilarang saling mendahului, maka baiklah sesama “bus” (baca: usaha) yang dikelola oleh alumni UKSW juga dilarang untuk saling mendahului. Setuju?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s