CH (241): “UKSW” Sumbang “Alumni”?

Berita di situs resmi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Senin, 19 Desember 2011, memuat berita berjudul, “Aksi Sosial Dewan Pegawai Menyambut Natal”. Dalam aksi tersebut, Dewan Pegawai Universitas Kristen Satya Wacana (DP UKSW) membagikan paket sembako sebanyak 111. Sebagai seorang alumni UKSW, saya merasakan 2 hal ketika membaca berita itu, yaitu terharu dan merasa sedih.

Terharu, karena DP UKSW mau menyisihkan sebagian yang dimilikinya untuk “mereka yang kekurangan”. Sudah tentu, sasaran aksi sosial pastilah mereka yang kekurangan, bukan yang berlebihan. Dan siapkah “mereka” itu? Berita situs tersebut menyebutkan bahwa penerima paket tersebut adalah, “…tenaga yang secara tidak langsung mendukung kegiatan UKSW, yaitu tenaga yang bekerja di kafetaria, fotokopi Ikasatya dan cleaning service”.

Lalu kenapa saya harus sedih membaca berita pembagian paket sosial tersebut? Saya sedih karena mengetahui penerima paket tersebut, yaitu tenaga yang bekerja di kafetaria, fotokopi Ikasatya dan cleaning service, adalah mereka-mereka yang bekerja di bawah “asuhan” lembaga alumni UKSW. Kafetaria masuk dibawah unit bisnis PT Satya Mitra Sejahtera (SMS), dimana Direktur Utamanya adalah alumni UKSW. Fotokopi Ikasatya berada di jajaran bisnis Pengurus Pusat (PP) Ikatan Alumni Universitas Kristen Satya Wacana. Sebagian dari para cleaning service sendiri, juga berada dalam bisnis PP Ikasatya.

Sedih, karena hal tersebut di atas menunjukan bahwa rupanya “UKSW” (dalam hal ini DP UKSW) “memandang” bahwa “Alumni” (dalam hal ini pegawai bisnis alumni) adalah sasaran bagi aksi sosial pembagian paket sembako.

Hal itu menjadi tanda tanya tersendiri bagi saya, apakah bisnis alumni belum cukup mensejahterakan pegawainnya? Apakah pegawai-pegawai UKSW sudah cukup sejahtera? Perlu dicatat bahwa kegiatan “menyumbang” tersebut bukan untuk pertama kali, tapi sudah menjadi semacam “tradisi” jelang Natal.

Well, mungkin “UKSW” mengamini “lebih baik memberi daripada menerima”. Dan mungkin bagi “alumni”, “lebih baik menerima, dan selalu menerima”. :-) (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s