CH (253): The Next Rector of Satya Wacana

Tahun depan, tepatnya di bulan November 2013, Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D., akan mengakhiri masa baktinya sebagai Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Lalu, siapakah figur yang cocok menggantikannya? Berikut sepuluh nama The Next Satya Wacana Rector versi saamfredymarpaung.wordpress.com.

Walaupun masih lumayan lama, namun ada baiknya mengenal sejumlah nama-nama yang mampu mengisi jabatan sebagai UKSW 1. Maksudnya sederhana, yaitu agar nama-nama tersebut tidak tenggelam dalam diskursus publik nanti menjelang pemilihan rektor (sekitar pertengahan 2013), sehingga khalayak umum, bisa memahami bahwa sebenarnya banyak figur yang mampu memimpin UKSW.

Matias

Ir. Matias Handojo Widhi Budhianto, M.S.E., Ph.D.

 Menyelesaikan Master of Science in Engineering dan Ph.D-nya di Universitas of Texas Austin, Amerika Serikat. Pengajar tetap di Fakultas Teknik Elektro dan Komputer UKSW, dimana ia menyelesaikan gelar sarjana tekniknya.

Roos

Roos Kities Andadari, S.E., M.B.A., Ph.D.

 Memperoleh Ph.D-nya dari Vrije Universiteit, di Amsterdam, Belanda. Master of Business Adminstration dari Yonsei University, Korea Selatan, dan Sarjana Ekonomi dari almamaternya UKSW.

Pdt. Drs. Daniel Nuhamara, M.Th., Ed.D

Dany

Pdt. Drs. Daniel Nuhamara, M.Th., Ed.D.

Doctor of Education didapat dari Union Theological Seminary and Presbyterian School of Christian Education, tahun 2002. M.Th-nya dari Australian College of Theology, dan merupakan lulusan Fakultas Teologi UKSW. Hingga hari ini masih aktif mengajar di alamaternya. Pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teologi.

Sunarto

Hari Sunarto, S.E., M.B.A., Ph.D.

MBA dari Katholieke Universitiet Leuven, Belgia, Ph.D.-nya dari Tinbergen Institut, Belanda. Srata-1 dari UKSW. Mengajar di alamaternya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW. Saat ini menjabat Dekan FEB untuk keduakalinya.

Bambang

Dr. Bambang Suteng Sulasmono, M.Si.

Gelar Doktornya dari Universitas Negeri Malang, Strata duanya dari Program Pascasarjana UKSW-Institut Pertanian Bogor, dan gelar Sarjana Civic Hukum dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKSW. Saat ini menjabat Dekan FKIP.

Rully

Drs. Rully Adi Nugroho, M.Sc., Ph.D.

Lulusan Srata-1 dari Fakultas Biologi (FB) UKSW. Menempuh Srata 2 dan 3-nya di Vrije Universiteit, Belanda. Saat ini menjadi Dekan FB.

Surya

Dr. Suryasatria Trihandaru, M.Sc., nat.

Sarjana Fisika dari Universitas Gadjah Mada, Magister Scientiae Naturalisdari Universitas Kaiserslautern, Jerman, dan Doktor dalam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Institu Teknologi Bandung.

Pamerdi

Pamerdi Giri Wiloso, M.Si., Ph.D.

Sarjana kependidikan diperoleh dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW, dengan mayor Bahasa Inggris. Magister bidang Ilmu Sosial dari Universitas Indonesia, dan Ph.D-nya dari University of Twente, Belanda. Saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi.

Tri Budi

Dr. Tri Budiyono, S.H., M.Hum.

Memperoleh gelar S1 dari Universitas Gadjah Mada. Baik Magister dan Doktornya diselesaikan di Universitas Diponegoro, Semarang. Saat ini menjabat sebagai Kepala Program Studi Magister Ilmu Hukum di Fakultas Hukum UKSW.

Budhi

Andreas Budhi Parsetyo, M.Biol., Ph.D.

Sarjana Ilmu Hayat UKSW. Magister dan Ph.D dari Vrije University, Belanda. Saat ini mengajar di Fakultas Ilmu Kesehatan UKSW, sebelumnya di Fakultas Biologi.

Akankah nama-nama di atas muncul dalam suseksi kepemimpinan UKSW tahun 2013? Jika dijawaban sekarang tentu akan prematur, karena tidak saja berpatokan kepada aturan main dalam pemilihan rektor, namun juga kepada kesediaan mereka. (sfm).

5 thoughts on “CH (253): The Next Rector of Satya Wacana

  1. Wow…!!! Pak Mathias, Pak Dani Nuhamara dan Pak Tri termasuk di dalamnya tho.
    Mantap, mantap, mantap…
    Dari ketiga dosen tersebut, yang saya kenal dekat malah Pak Mathias (walaupun saya lulusan FH, dan bukan FTJE), karena beliau pernah menjadi leader dalam EASE 2003. Suatu kepribadian yang menurut saya adalah campuran. Seseorang yang perfectionist, tapi juga mudah beradaptasi. Seorang ilmuwan, tapi juga seorang pecinta seni. Seorang yang keras dan bersemangat, tapi suatu saat bisa kuyu. Sighhh………yang terakhir ini, saya lihat waktu anak bungsu beliau meninggal, dan itu adalah alasan kenapa saya sempat “menjauh” dari Pak Mathias, karena tidak tega melihat beliau yang biasanya semangat, kemudian drop.
    Masih teringat waktu kami ada masalah dengan beberapa anggota EASE dari Jepang, beliau langsung mengambil gitar, dan berkata, “Ok, I think this problem is finish, and now, let us sing EASE anthem.” So many memories with him in EASE 2003.

  2. @ Saam—-menurut saya..soal figur..boleh-boleh saja….akan tetapi..terlebih dahulu perlu dibahas dan disepakati adalah…apa kriterianya ? dengan demikian tidak mengisi kucing dalam karung….apalagi kucingnya kucing garong…he..he…. kalau boleh tolong..kriteria 1) memiliki Integritas, 2) Memiliki Dignity (mohon menjadi kriteria yang utama dan kedua)…3) dstnya

  3. Boleh saja mas sam punya 10 calon …kalau mau lebih menukik maka lebih baik anda tentukan saja pilihan anda dan apa alasan obyektifnya, daripada seperti ini…

  4. Kalau boleh tahu Mas Sam memilih 10 calon ini berdasarkan apa ya? Atau pemilihan ini berdasarkan apa yang di inginkan Mas Sam? Atau justru ada agenda terselubung yang sedang di mainkan menuju 2013? Hahahahaha…. Piss…

  5. Pilihan sy. Hari Sunarto,SE.MBA.P.hD. beliau punya pengalaman 8 thn sbg PR II Bidang Adm dan Keuangan.Dengan kemampuannya wkt itu Beliau mampu menyelamatkan UKSW dari kebangkrutan. Beliau punya pengalaman nasional dan internasional yg dibutuhkan UKSW kedepan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s