CH (256): Di UKSW, Anggito Abimanyu Tanpa “Lawan”

A A

Senin, 6 Februari 2012, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana (FEB UKSW) mendatangkan Dr. Anggito Abimanyu (AA) di Seminar Kebijakan Subsidi BBM. Walau saya memandang AA sebagai orang yang pas berbicara tentang hal itu, namun sayang kehadirannya di UKSW tanpa “lawan”.

Bagaimana tidak tanpa lawan? Salah seorang ”suhu” ekonominya Universitas Gadjah Mada, dan pernah dijanjikan kursi di kabinet SBY itu, akan berbicara sendiri tanpa “lawan tanding” di kampus.  Sangat disayangkan, karena pertemuan dengan AA bisa dijadikan “sparing patner” oleh para “fighter” FEB. Saya sebenarnya berharap agar “pendekar” bergelar doctor terutama yang tergabung dalam Center for Economics Policy Studies/ Pusat Penelitian Ilmu Ekonomi ikut turun menghadapi AA.

Kalau saya diijinkan menilai, maka sebenarnya seminar dengan hanya 1 pembicara, sama dengan kuliah biasa.

Konon Kabarnya…

Back to the past, konon kabarnya saat kampus ini berada di tahun-tahun 80 dan 90’an, setiap akademisi ataupun pejabat yang diundang menjadi pembicara dalam seminar, akan berfikir dua kali untuk masuk ke kampus. Karena konon kabarnya, kampus Satya Wacana dihuni sekian banyak “macan”. Sebut saja Arief Budiman, Liek Wilardjo, Ariel Haryanto, Goerge Junus Aditjondro, dan lainnya. Konon kabarnya, tidak saja nama-nama itu saja, namun juga para mahasiswa diajarkan untuk kritis, dan memiliki budaya kritis.

Semoga konon kabarnya seperti tertulis di atas adalah sebuah hal yang salah, dan kampus ini memang sering dihadiri pembicara tunggal tanpa perlu kawatir dan pikir-pikir ketika menginjakan kaki ke Satya Wacana. Dengan begitu saya tidak perlu mengatakan, “Macan itu sekarang sudah ompong”. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s