CH (258): Menyongsong Syarat Baru Lulus dari Perguruan Tinggi

Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nomor: 152/E/T/2012 tertanggal 27 Januari 2012, mensyaratkan adanya publikasi ilmiah dijurnal penelitian bagi mahasiswa program S-1, S-2, dan S-3, baik PTN maupun PTS , sebelum lulus. Lalu siapakah yang kira-kira menyambut baik hal tersebut?

Ada 3 butir ketentuan seperti tercantum dalam surat edaran itu, yaitu sebagai berikut.

  1. Untuk lulus program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah.
  2. Untuk lulus program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional, diutamakan yang terakreditasi Dikti.
  3. Untuk lulus program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional.

Kebijakan itu berlaku mulai kelulusan setelah bulan Agustus 2012.

Sambut Hangat

Mempersiapkan diri dalam waktu hanya beberapa bulan, tentu bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi ditambah dengan minimnya budaya menulis di Perguruan Tinggi. Jangankan budaya menulis, budaya membaca saja sepertinya sudah jauh dari harapan.

Namun, jangan salah. Ada juga pihak-pihak yang sangat menyambut dengan hangat kebijakan baru pemerintah tersebut, yaitu mereka-mereka yang bakal mendapatkan keuntungan. Pertama, lembaga atau orang perorang yang memang pekerjaannya (full time ataupun part time) menerima order pembuatan makalah. Bukan rahasia umum lagi, jika di negeri ini memang subur dengan hal-hal tersebut. Prinsip ekonomi adanya penawaran karena permintaan, mampu mengalahkan prinsip kejujuran yang harusnya dikedepankan.

Kedua, selain lembaga/orang perorang seperti disebut di atas, pihak yang mendapat “durian runtuh” itu adalah penerbit jurnal. Akan menjamur jurnal asal terbit, atau terbit atas permintaan, kesemuannya untuk memenuhi permintaan para calon lulusan (terutama) sarjana yang begitu banyaknya di negeri ini. Mereka tidak perlu mengeluarkan rupiah untuk membayar setiap jurnal yang masuk, melainkan akan mendapat “amplop” karena mau menerima makalah tersebut. (sfm).

One thought on “CH (258): Menyongsong Syarat Baru Lulus dari Perguruan Tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s