CH(265): Dimanakah Jurnal Ilmiah UKSW?

Sebanyak 245 jurnal ilmiah yang diakreditasi oleh Dikti dapat dilihat di link ini. Dari jumlah tersebut, tidak ada satu pun nama jurnal ilmiah milik Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Pertanyaan sederhananya, “kemanakah jurnal ilmiah kita itu?”.

Pembicaraan tentang jurnal ilmiah naik kepermukaan, setelah Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nomor: 152/E/T/2012 tertanggal 27 Januari 2012, mensyaratkan adanya publikasi ilmiah dijurnal penelitian bagi mahasiswa program S-1, S-2, dan S-3, baik PTN maupun PTS , sebelum lulus.

Kompas mengutip, hingga Oktober 2009, hanya terdapat 2.100 jurnal berkategori ilmiah, namun sayang yang masih aktif untuk terbit kira-kira tinggal 406 saja. Dari jumlah yang sedikit itu, cuman 245 yang terakreditasi dengan kategori A, B, dan C. Dalam skala Jawa Tengah, saya melihat ada sejumlah jurnal perguruan tinggi tercatat, seperti milik Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Katolik Sogijaranata Semarang, IAIN Walisongo Semarang, Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto, ataupun kepunyaan Universitas Muhammadyah Surakarta.

Seperti yang tampak di situs resminya, UKSW memiliki 18 jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, dan 1 dari interdisipliner. Sebut saja diantaranya, Teologia milik Fakultas Teologi, aiti punya Fakultas Teknologi Informasi, ada juga English.Edu-nya Fakultas Bahasa dan Sastra, Refleksi Hukum kebanggaan Fakultas Hukum, ada Jurnal Ekonomi dan Bisnis kepunyaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Techne milik Fakultas Teknik Elektro dan Komputer, Satya Widya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan jurnal penelitian interdisipliner Kritis, Program Studi Studi Pembangunan di Program Pascasarjana.

Satu nama yang disebut terakhir, Kritis, konon kabarnya sempat menjadi salah satu referensi bagi banyak akademisi, ataupun para pencari ilmu di negeri ini. Beberapa edisi Kritis yang pernah saya baca menurunkan tulisan-tulisan bermutu dari penulis yang bermutu juga. Selain penulis, Kritis juga digawangi oleh nama-nama besar, seperti Arief Budiman dan Liek Wilardjo.

Namun sayang, dari daftar yang dikeluarkan Dikti tentang jurnal ilmiah terakreditasi, UKSW tidak menempatkan satu nama pun, bahkan dengan kategori terendah sekalipun, yaitu C. Atau mungkin, saya ya yang salah membaca daftar tersebut. Atau mungkin daftar tersebut sudah berubah, karena ini sudah 2012, dan bisa saja sejumlah nama jurnal milik UKSW telah terakreditasi oleh Dikti. Semoga… (sfm).

One thought on “CH(265): Dimanakah Jurnal Ilmiah UKSW?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s