CH (266): Pengisian Jabatan PR I Sumber “Karir”

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Pembantu Rektor (PR) / Waki Rektor III pilihan mahasiswa, lihat CH (260): PR III Pilihan Mahasiswa, Bisakah?, maka kenapa tidak jika Pengisian Jabatan untuk PR I yang biasanya membidangi Akademik, berasal dari para Pembantu Dekan (PD) I Fakultas di universitas tersebut?

Selain telah bergelut dengan bidang akademik di fakultas, para PD I juga masih bisa memberikan kontribusi dalam tataran universitas (dengan menjadi PR I), terlebih jika ada pencapaian-pencapaian akademik bagi fakultas saat menjabat sebagai PD I.

Tidak hanya masalah pencapaian akademik fakultas yang patut dipertimbangkan, namun pencapaian akademik pribadi PD I tersebut. Hal itu dapat dilihat dari publikasi ilmiah ataupun buku yang telah ditelurkan. Sungguh sangat membingungkan, apabila seorang PD I (calon PR I), tidak memiliki publikasi ilmiah yang bermutu dapat mengembangkan bidang yang diembannya.

Kalau ada yang bilang bahwa PD I atau PR I hanya menjalankan fungsi administrasi keakademikan, kalau begitu tentu kita tidak butuh PR I atau PD I sekelas profesor doktor. Kenapa? Sangat disayangkan jika sekelas profesor doktor hanya dijadikan “tukang” yang mengurus adminstrasi, lebih baik mereka disuruh meneliti dan menulis publikasi ilmiah.

Salah satu proses yang perlu di tempuh adalah perlunya debat calon PR I yang bersumber dari PD I tiap fakultas. Itu membangun demokrasi dan tentu mengajak civitas ikut serta dalam proses pemilihan PR I, walaupun civitas tidak memilih.

Keinginan tersebut, selain akan mengeleminir pendapat-pendapat yang mengatakan bahwa pengisian jabatan pembantu rektor selalu berelasi dengan “kroni”, pemenuhan gender (jumlah pemimpin laki-laki dan perempuan perlu seimbang), keterwakilan etnis, ataupun suka-suka rektor (karena merasa hak preogratif), pemilihan PR I yang bersumber dari PD I juga membuat jabatan PD I tidak menjadi sekedar “piala” bergilir dosen di fakultas, karena tentu civitas fakultas akan sangat selektif memilihnya. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s