CH (275): PNS Setor Gaji

Gubernur Provinsi Gorongtalo Rusli Habibie membuat kebijakan seluruh gaji PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi harus disetor ke rekening istri para PNS mulai 1 Maret 2012. Ditengah pro-kontra, Sang Gubernur tetap mantab untuk menjalankan kebijakan itu, namun saya berharap agar pihak swasta tidak ikut-ikutan.

Tujuan dari kebijakan tersebut agar gaji bulanan benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga, tepat sasaran, sehingga gaji tidak habis untuk hal lain yang tidak bermanfaat. Pada sisi kontra, sejumlah pihak menyatakan bahwa Pak Gubernur terlalu jauh ikut campur dalam masalah keluarga/ke wilayah privat.

Saya berharap pihak swasta tidak latah dengan melakukan hal serupa, selain itu masalah privat, pasti akan timbul masalah-masalah baru dalam pelaksanaan di lapangan. Pasti ada gesekan yang kuat antara suami dan istri dalam pemanfaatan dan pengunaan gaji.

Jika memang niatnya untuk mensejahterakan keluarga, lebih baik mengajarkan kepada pegawai/pekerja bagaimana memberdayakan/mengelola income mereka. Selain tentunya perusahaan/lembaga mau memahami gaji yang pas sesuai dengan laju kebutuhan hidup yang layak.

Intinya adalah perusahaan atau lembaga dituntut lebih kreatif untuk mencari solusi cerdas bagi pengelolaan keuangan ketimbang menyelesaikan masalah tersebut dengan hanya melempar masalah dengan menyetor gaji kepada istri, dan menganggap kesejahteraan akan terselesaikan.

Semoga, pihak swasta juga tidak latah, dengan meminta agar gaji PNS yang bekerja di lembaganya menyetor gaji ke kas lembaga swasta tersebut, dengan alasan klasik pemerataan pendapatan (mungkin karena iri, mungkin gaji PNS lebih besar dari gaji pegawai yang bekerja di lembaga swasta itu, sehingga perlu disesuaikan). Ini tentu akan menimbulkan masalah-masalah baru. Selain menurut saya pihak swasta telah terlalu jauh mengurus masalah privat PNS tersebut, hal itu tidak sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, dan bisa diindikasikan mengorupsi keuangan negara.

Bicara soal uang, memang tidak ada habisnya. Tapi semoga, bukan karena uang, semua cara dihalalkan.🙂 (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s