CH (276): Permintaan Seseorang untuk Menghapus Sebuah Tulisan di Blog Ini, Pendapat Anda?

Pagi ini seseorang meminta saya untuk menghapus sebuah tulisan (Catatan Harian = CH) yang saya tulis beberapa bulan yang lalu. Walaupun yang bersangkutan (ybs) mengajukan alasan, tapi saya tetap mengatakan bahwa saya tidak bisa menghapus tulisan tersebut, dan kemudian memberikan solusi. Lalu bagaimana dengan pandangan anda sendiri?

Ada 2 alasan yang disodorkan, pertama ybs merasa tidak diminta izinnya terlebih dahulu, kebetulan CH tersebut menurunkan tulisan berhubungan dengan ybs. Kedua, ybs menemui sejumlah kesalahan dalam CH tersebut.

Saya menolak permintaan ybs dengan memberikan argumen, sebagai berikut: (1) bahwa saya tidak perlu meminta izin seseorang untuk membuat tulisan berhubungan ybs untuk blog saya; apalagi (2) semua data-data yang digunakan dalam penulisan sepenuhnya berasal dari dunia maya. Saya menyampaikan bahwa saya menyadari sepenuhnya dengan data-data dari dunia maya, dan tidak melakukan klarifikasi/cek data,  tentu membuka peluang adanya kesalahan data. Toh, dalam CH tersebut, saya juga telah sampaikan bahwa materi penulisa diambil dari sejumlah informasi di dunia maya. Namun sekali lagi, saya berargumen bahwa itu tidak bisa menjadi dasar agar tulisan dihapus. Lalu bagaimana?

Saya memberikan saran kepada ybs, jika memang dirasa ada tulisan yang salah, maka siapapun yang memiliki data yang benar bisa memberikan pembentulan, dengan cara menyampaikan komentar seperti disediakan di bawah setiap akhir tulisan, atau membuat tulisan lain yang mengatakan tulisan saya salah.

Sempat terjadi ketegangan antara pemahaman saya dengan pemahaman ybs, karena kami merasa memiliki argumen yang benar. Saya pun mengajukan satu usulan kira-kira seperti ini, “Karena kita saling bersikeras dengan pendapat kita masing-masing, maka ada baiknya kita menghadirkan seorang ahli yang berhubungan dengan ini. Jika orang tersebut menyatakan bahwa pemahaman saya salah, saya siap meminta maaf, namun jika saya benar bagaimana?”. Tampaknya ide saya kandas, karena tidak ada gayung bersambut.

Bagaimana dengan pendapat para pembaca setiap CH, para bloger, dan lainnya, tentang masalah ini? Atau adakah dari rekan-rekan memiliki kejadian yang serupa? Monggo (mari) berbagi…(sfm).

4 thoughts on “CH (276): Permintaan Seseorang untuk Menghapus Sebuah Tulisan di Blog Ini, Pendapat Anda?

  1. Meurut aku, kalau lebih baik meminta izin terlebih dahulu kepada seseorang yang akan kita tulis, dan menggunakan data-data dari seseorang tersebut. Kalau ternyata ada kesalahan, harus diperbaiki secepatnya.

  2. Etika tulis-menulis memang berbicara tentang somasi dll.. Intinya ada cara ala hukum yg boleh ditempuh bilamana menemui ketidaksesuaian antara tulisan dan fakta, terlebih ketika suatu tulisan berpotensi merugikan suatu pihak. Namun…

    Tidak ada salahnya juga bila seorang penulis melakukan ‘cek&ricek’ sebelum akhirnya me-publik-kan tulisannya.

    Kita semua belajar etika…

  3. Mas Sam sebaiknya kalau nulis data pribadi seseorang sesuai UURI No. 11 Tahun 2008 Tentang ITE pasal 26 kita perlu persetujuan orang yang bersangkutan…

    Salam tri.

Leave a Reply

