CH (293): Letjen. (Purn). T.B. Silalahi dan UKSW

Sewaktu menjabat sebagai Kasdam IV Diponegoro, Letjen. (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi, S.H., melakukan tour of duty ke beberapa perguruan tinggi, termasuk Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), di Salatiga. Penggalan cerita antara T.B. Silalahi dan UKSW terjalin dalam Buku Peringatan 70 Tahun TB Silalahi, “TB Silalahi: Cerita Tentang Pengalamannya”.

Ada 2 faktor kenapa T.B. Silalahi “turun gunung” ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah. Pertama, karena “perintah” Jenderal L.B. Moerdani. Sebagai konsekuensi ketika T.B. Silalahi menjadi peserta terbaik kursus Lemhanas Reguler XVI Tahun 1983, Moerdani meminta agar Silalahi menyampaikan ceramah tentang kebangsaan di kampus-kampus. Kedua, kesibukan Pangdam IV Diponegoro yang saat itu Mayjen Soegiarto, sehingga tugas beliau yang seharusnya berkunjung ke kampus-kampus menjadi terbengkalai.

Lalu apa yang T.B. Silalahi, yang saat itu masih berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen), ingat tentang pengalamannya semasa memberikan kuliah di UKSW? Berikut isi halaman 306-307.

Pengalaman menarik berikutnya adalah di Universitas Satya Wacana, Salatiga, sebuah universitas Kristen yang terkenal sangat kritis dan vokal terhadap Orde Baru, terlebih oleh sikap salah seorang dosennya, Dr. Arief Budiman. Tidak heran, gambaran keadaan psikologis di sana dari awal kelihatan sekali sudah memperlihatkan suasana yang seakan-akan tidak bersahabat. Umumnya mahasiswa menunjukan wajah yang tegagng. Melihat situasi mahasiswa dan dosen ini, TB sebelumnya sudah memperkirakan keadaan nanti akan menjadi sangat ramai. Justru di sebuah universitas Kristen terlihat mahasiswa sudah memasang kuda-kuda untuk siap berkonfrontasi dengan TB, kontras dengan di universitas Islam yang justru menerimanya dengan sangat akomodatif.

Tentu universitas ini tidak melihat atau memperhatikan agama yang dianut TB tapi mereka lebih melihatnya sebagai orangnya Pak Harto atau Orde Baru. Di kampus Satya Wacana di Salatiga ini, salah satu materi yang disinggung adalah dasar filosofis kepemimpinan Ki Hadjar Dewantoro, yang dalam bahasa Sansekerta berbunyi Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mbangun Karso dan Tut Wuri Handayani, salah satu filosofi kepemimpinan yang dinilainya sempurna.

Pada acara tanya jawab seorang mahasiswa bertanya dengan suara yang lantang bahwasannya teori atau nilai kepemimpinan yang TB berikan sudah kuno, tidak lagi relevan dengan perkembangan dunia modern sekarang. Apa yang si mahasiswa itu inginkan adalah konsep dan nilai baru yang siap pakai untuk menghadapi tantangan zaman.

TB menjawab, kita harus melihat materi ceramah. Kebetulan apa yang dimintakan kepadanya adalah menyangkut materi kepemimpinan, baik di kampus, maupun kepemimpinan nasional, mulai dari dasar-dasar kepemimpinan sampai pemimpin masa depan. Lalu, TB bertanya kepada mahasiswa tersebut apa agamanya. Ia menjawab singkat, “Kristen”. Sebab itu, TB melanjutkan, nilai-nilai yang diberikan oleh KH Dewantoro itu baru berusia puluhan tahun, sedangkan ajaran atau nilai yang diberikan oleh Kristus sudah hampir dua ribu tahun. Sebagai seorang Kristen, apakah ia melihat ajaran atau nilai-nilai yang diberikan Kristus itu sudah kuno, tanya TB, yang disambut dengan tertawa riuh oleh hadirin. Inilah situasi yang kemudian berkembang mencairkan suasana tegang sehingga pembicaraan berikutnya tidak lagi bersifat ilmiah tapi lebih dalam komunikasi yang emosional.

Sumber: Buku Peringatan 70 Tahun TB Silalahi, “TB Silalahi: Cerita Tentang Pengalamannya”, penulis Atmaji Sumarkidjo, penerbit TB Silalahi Center dan Kasat Penerbit, 2008. Buku ini saya pinjam dari Perpustakaan UKSW, di halaman terakhir sebelum sampul belakang, terbaca bahwa buku tersebut hibah dari penerbit, dan diterima tanggal 23 Februari 2012. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s