CH (Special Edition): Apakah Penyelenggara PKPA Menentukan Kelulusan Advokat?

Tulisan ini dimaksudkan untuk member informasi serta pemahaman kepada rekan-rekan yang akan memilih atau mau mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Soalnya beberapa waktu yang lalu, ada beberapa rekan yang menanyakan kepada saya, dimana tempat penyelenggara PKPA yang bagus. Kemudian saya menanyakan, kenapa harus yang bagus. Lalu rekan tersebut menjawab bahwa tempat penyelenggara nantinya bisa menentukan kelulusan Advokat. Hal inilah yang mendorong saya membuat suatu tulisan, agar rekan-rekan lain yang akan mengikuti PKPA tidak kebingungan.

PKPA menurut Pasal 2 ayat 1 UU No. 18 tahun 2003 merupakan salah satu syarat untuk dapat diangkat sebagai Advokat. Penyelenggara PKPA ini harus se-izin atau dilaksanakan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Pasal 3 ayat 1 Peraturan, PERADI No. 3 tahun 2006. PKPA ini bertujuan membekali berbagai pengetahuan keterampilan dan keahlian hukum yang diperlukan Calon Advokat dalam melaksanakan praktik Advokat secara profesional;

Jadi, PKPA ini merupakan syarat untuk mengikuti Ujian Advokat yang pada akhirnya dapat diangkat sebagai Advokat.

Kembali ke pernyataan rekan saya tadi, yang mengatakan bahwa tempat penyelenggara PKPA bisa menentukan Kelulusan Ujian Advokat. Yang artinya institusi penyelenggara PKPA yang terkenal, bonafit, pengajarnya hebat dan lain sebagainya bisa menentukan kelulusan advokat karena diperhatikan secara khusus. Pertanyaan atau pernyataan semacam itu pernah terlintas dalam pikiran penulis ketika mau mengikuti PKPA pada tahun 2011. Sehingga penulis memilih mengikuti PKPA yang diselenggarakan oleh Pasca Sarjana UNDIP. Kita tahu bersama nama besarnya Universitas Diponegoro (UNDIP) khususnya di daerah Jawa Tengah, sehingga penulis berpikir itulah tempat yang terbaik untuk memuluskan jalan saya untuk menjadi Advokat. Setelah lulus PKPA kemudian saya mengikuti Ujian Advokat, puji Tuhan pada saat itu salah seroang yang dinyatakan lulus. Akan tetapi setelah saya melihat data teman-teman seangkatan saya di PKPA UNDIP, ternyata hanya beberapa persen saja yang lulus bahkan rekan-rekan yang mengikuti PKPA ditempat lain yang notabene tidak terlalu terkenal malahan banyak sekali yang lulus.

Sehingga dari fakta tersebut saya menyimpulkan bahwa tempat penyelenggara PKPA tidak menentukan atau berpengaruh besar terhadap faktor kelulusan Ujian Advokat. Karena materi PKPA itu sudah ditetapkan oleh PERADI yaitu materi wajib dan materi pilihan, sehingga bisa dikatakan materi PKPA diseluruh Indonesia ini hampir semua sama dan kebanyakan yang tidak berkaitan dengan materi ujian Advokat secara langsung soalnya yang umum-umum saja.

Oleh karena itu, saran saya rekan-rekan boleh mengikuti PKPA dimana saja (yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal anda), tidak perlu mencari tempat penyelenggara PKPA yang jauh-jauh yang pada akhirnya menyulitkan anda bahkan merusak MATA…eiittss maksudnya merusak mata pencaharian anda. Yang paling penting penyelenggara PKPA tersebut sudah disetujui oleh PERADI. dan jangan lupa melihat update penyelenggara PKPA di situs http://www.peradi.or.id/in/. Tolong diperhatikan tahunnya, siapa tahu tempat penyelenggara PKPA tersebut sudah kadaluarsa dan belum diperpanjang karena Persetujuan PERADI tersebut hanya berlaku untuk jangka waktu 1 (satu) tahun dan dalam jangka waktu tersebut setiap mitra pelaksana PKPA diberikan kesempatan untuk melaksanakan PKPA sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kali (Pasal 3 ayat 3 Peraturan PERADI No.3 tahun 2006).

Sekian dulu, tulisan singkat ini. Jadi jangan terlalu takut terhadap Ujian Advokat. Belajar materi ujian Advokat dengan sungguh-sungguh, pasti sampean lulus Advokat dan jangan lupa berdoa hehehehehe…

Catatan: Tulisan di atas ditulis oleh Dalinama Telaumbanua, alumnus Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (FH UKSW), saat ini sedang menempuh pendidikan srata duanya di Program Studi Magister Ilmu Hukum UKSW. Pemuda asal Nias tersebut,  telah mengantongi Kartu Izin Sementara Advokat, dan sedang magang di Unit Pelayanan Bantuan Hukum FH UKSW. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s