CH (303): uksw.edu.org.edublogs.wordpress.blogspot.com

Iseng-iseng men-googling kata uksw, saya dibuat binggung dengan sejumlah hasil pencarian yang disajikan. Selain saya menemukan uksw.edu, yang adalah situs resmi Universitas Kristen satya Wacana (UKSW), saya juga mendapatkan hasil diantara sebagai berikut.

fpb-uksw.blogspot.com, www.ftiuksw.org, wismatamuuksw.blogspot.com, mihuksw.edublogs.org, psbi-uksw.blogspot.com, hmp-pgsd-uksw.blogspot.com, kauksw.blogspot.com, feb-uksw.blogspot.com, etime.wordpress.com, btsiuksw.multiply.com, batftek.wordpress.com, pskti.wordpress.com, lk-fkip.blogspot.com, smuuksw.wordpress.com, bpmfhuksw.webs.com, ppssp-uksw.org, sekretariuksw.blogspot.com, dan fsmuksw.com.

Dalam situs di atas tersebut saya menemukan banyak informasi seputar program studi fakultas (Fakultas Pertanian dan Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis), kegiatan lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas maupun universitas (Senat Mahasiswa Universitas, Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum, dll), ataupun unit lain di UKSW (Biro Teknologi dan Sistem Informasi, Wisma Tamu), baik untuk strata pendidikan sarjana, maupun magister. Ada juga sejumlah foto yang bercerita tentang kegiatan-kegiatan.

Kebinggungan yang saya sampaikan di awal adalah apakah situs-situs tersebut adalah situs resmi dari fakultas, lembaga kemahasiswaan, ataupun unit-unit di dalam tubuh UKSW? Jika tidak, lalu kenapa isinya mencerminkan keberadaan mereka. Jika ya, kenapa ya mereka tidak menggunakan akhiran uksw.edu, sehingga misalnya untuk fpb tidak fbp-uksw.blogspot.com, melainkan fpb.uksw.edu, atau ftiuksw.org menjadi fti.uksw.edu, dan fsmuksw.com berubah menjadi fsm.uksw.edu. Intinya, semua terintegrasi dalam “rumah besar” uksw.edu, seperti jobfair.uksw.edu atau library.uksw.edu.

Secara pribadi, saya menilai positif dengan berlimpahnya informasi tentang uksw di dunia maya, namun terus terang, walaupun saya sangat awam dalam hal-hal tersebut, ada satu kesan yang mungkin dapat dibangun oleh khalayak ketika mendapati hasil pencarian google, yaitu berserakannya/tidak beraturan situs-situs uksw.

Bisa juga, kalau UKSW tidak menganut keseragaman, melainkan keberagaman, mirip slogannya: kampus mini Indonesia🙂 . (sfm).

One thought on “CH (303): uksw.edu.org.edublogs.wordpress.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s