CH (309): Top 20 Perguruan Tinggi di Indonesia

Bagi yang alergi menggunakan hasil pemeringkatan yang telah dilakukan oleh sejumlah lembaga internasional, seperti Webometric, 4ICU, TIMES, dan lainnya, sebagai pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia, saya menawarkan pemeringakatan perguruan tinggi dengan menggunakan hasil dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Mengapa dengan tolak ukur PIMNAS? PIMNAS perlombaan tingkat nasional dalam bidang kreativitas dan penalaran ilmiah pada tataran mahasiswa dan diikuti secara nasional.

PIMNAS 2012 baru saja selesai dilaksanakan dan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada awal bulan ini (Juli). Kompas merilis berita bahwa sebanyak 1.426 peserta dari 95 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia mengikuti PIMNAS tersebut. Hanya dengan kekuatan 24 Tim, Universitas Brawijaya (UB) Malang mampu membawa pulang Piala Adikarta Kertawidya, lambang kedikdayaan sebagai juara umum. UB menekuk lawan-lawan tangguh dengan kekuatan tim yang lebih besar, seperti Institut Pertanian Bogor yang mampu mengirimkan 31 tim, lalu ada juga Institut Teknologi Sepuluh November (41). (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s