CH (312): Mengamankan Jalan Menuju Pemilihan Rektor?

Dewan Guru Besar Universitas Indonesia mengendus upaya kurang elegan yang dilakukan oleh Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Soemantri untuk memuluskan jalannya menjadi rektor kembali. Setelah sebelumnya memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran Ratna Sitompul, baru-baru ini sebanyak 7 orang pejabat dekan dan 1 orang kepala program pasacasarjana diberhentikan.

Para dekan yang diberhentikan adalah Dekan Fakultas Ilmu Budaya Bambang Wibawarta, Dekan Fakultas Teknik Bambang Sugiarto, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Bambang Wispriyono, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Adi Basukriadi, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Bambang Irawan, Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Dewi Irawaty, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bambang Shergi Laksmono, dan Ketua Program Pascasarjana Chandra Wijaya.

Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani mengungkapkan bahwa pemberhentian itu bukan atas nama pribadi rektor, melainkan keputusan Majelis Wali Amanat. Pada sisi yang lain, Kompas.com menulis bahwa pemberhentian para dekan ini disinyalir karena kevokalan mereka atas kepemimpinan Gumilar. Ratna Sitompul sendiri dikenal vokal menyuarakan transparansi di UI.

Harapan

Sebaga alumni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), saya berharap bahwa almamater saya tidak meniru cara-cara kurang elegan yang dilakukan oleh Gumilar Rusliwa Soemantri dalam upayanya memuluskan jalannya menjadi rektor kembali (tentu jika isu tersebut benar). (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s