CH (316): Belajar “Menolak” dari Para Dosen?

Dua minggu belakangan ini, situs berita online suaramerdeka.com merekam sejumlah berita seputar pro-kontra sistem akademik di lingkungan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Berawal dari berita aksi ratusan mahasiswa dari Fakultas Elektronika dan Komputer (FTEK) yang menolak perubahan terhadap sistem akademik. Soal tolak-menolak, mungkin ratusan mahasiswa FTEK itu mau belajar dari aksi para dosen.

Ya, soal tolak-menolak tampaknya bukan “barang” baru lagi di UKSW. Sekitar bulan Mei 2009, di kampus UKSW terjadi aksi penolakan terhadap kecurangan dalam pemilihan rektor. Aksi tersebut direkam juga oleh seorang Blogger bernama Yoga Prasetya. Dalam blognya, Yoga menuliskan bahwa aksi yang digalang oleh sejumlah dosen, pegawai, dan mahasiswa dari berbagai fakultas tersebut, berlangsung setelah pelaksanaan ibadah senin (tanggal 4 Mei 2009). Mereka melakukan penandatanganan berupa permohonan untuk penjelasan mengenai transparansi indikator scoring yang digunakan dalam pemilihan calon rektor, permohonan itu ditujukan kepada Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW).

Peserta aksi juga melontarkan kecurigaan terhadap kinerja Panitia Khusus (Pansus) Penjaringan Bakal Calon Rekor yang diketuai oleh Pdt. Daniel Nuhamara, Ed.D., karena dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap Surat Keputusan 034/B/YSW/2004 Tentang Peraturan Pencalonan, Pemilihan Calon dan Pengangkatan Rektor, dan Para Pembantu Rektor UKSW.

Seperti dicatat oleh kompas.com pada awal tahun 2009, bursa calon rektor UKSW Periode 2009-2013 diikuti oleh 6 orang, yaitu: (1) Prof. Dr. Kris Herawan Timotius (KHT), (2) Prof. Daniel D Kameo (DDK), (3) Pdt. Prof John A Titaley (JT), (4) Prof Dr Christantius Dwiatmadja (CD), (5) Daniel Herman Fredy Manongga (MAN), Ph D, serta (6) Prof Dr Sony Heru Priyanto (SON).

Buletin Senin Edisi 4 Mei 2009, memuat salah satunya info dari Pansus, tentang 2 kandidat calon rektor yang lolos, keduanya adalah: (1) KHT, dan (2)  DDK, sehingga yang tidak lolos adalah JT, CD, MAN, dan SON.

Menurut rekaman Yoga, para peserta aksi penolakan berjalan dengan membentangkan spanduk menuju kantor YPTKSW, dan beberapa orang perwakilan dosen dan pegawai masuk untuk bertemu dengan pihak pengurus.Berikut diantaranya hasil pertemuan perwakilan dosen dan pegawai dengan pengurus YPTKSW (Santoso Adikusuma, Tri Budi, Sutikno dan Johanes Rusadi) adalah sebagai berikut:

1. Pada hari Senin 4 Mei 2009 ketua pembina YPTKSW Prof.Dr. Atmonobudi telah mengutus ketua pengawas YPTKSW Pdt. Engkih Gandakusuma untuk datang ke Salatiga dan langsung mengumpulkan informasi mengenai masalah pemilihan rektor untuk disampaikan kepada pembina YPTKSW.

2. Oleh karena itu, protes dan surat dari dosen dan pegawai akan langsung diteruskan kepada pembina melalui pengurus.

3. Ketua pengurus YPTKSW setuju untuk meralat pengumuman yang dimuat di buletin senin UKSW.

Sedangkan hasil pertemuan dosen dan pegawai dengan ketua pengawas YPTKSW Pdt. Engkih Gandakusuma adalah diantaranya sebagai berikut :

1. Dalam pertemuan tersebut ketua pengawas hanya membuat notulen saja dan tidak memberikan komentar karena kewenangan sepenuhnya berada ditangan pembina.

2. Para dosen yang hadir telah menyampaikan pendapat mereka tentang berbagai indikasi kecurangan dalam pemilihan rektor UKSW, serta persoalan intimidasi yang dialami oleh para pegawai kontrak di UKSW akibat menandatangani petisi untuk mencalonkan Prof. Dr. Jhon Titaley.

3. Atas pertimbangan-pertimbangan yang telah disebutkan dalam pertemuan tersebut maka kepada pembina YPTKSW dimohon untuk melakukan re-scoring (re-scoring) oleh tim baru yang dibentuk oleh pembina YPTKSW.

Sejumlah dosen yang ikut serta dalam aksi penolakan tersebut juga tercatat namanya dalam tulisan Yoga, yaitu: Slamet Samiyana (mungkin maksudnya Dr. David Samiyana, Dosen Fakultas Teologi), Yulius Yusak, Jubar Christian (Dosen Fakultas Biologi). Suaramerdeka.com merekam nama Pdt Dr Retnowati dan Theofransus Litaay SH LLM.

Lalu

Pada tanggal 12 Mei 2009, Suaramerdeka.com mencatat Keputusan Pembina YPTKSW yang akhirnya meloloskan empat calon rektor, yaitu: KHT, DDK, CD, dan JT.

Menanggapi lolosnya ke-4 calon tesebut, dua orang wakil dosen dan karyawan, yaitu Pdt Dr Retnowati dan Theofransus Litaay SH LLM mengungkapkan rasa terima kasih mereka karena pembina Yayasan telah mengambil keputusan yang bijaksana terkait penjaringan calon rektor UKSW.

Yafet Rissy

Lebih lanjut Suaramerdeka.com mencatat bahwa perwakilan dosen dan karyawan itu (Pdt Retnowati dan Theofransus Litaay) juga berterima kasih kepada Tim Upaya Hukum yang dikoordinir oleh Yafet Rissy SH MSi LLM, atas perlindungan hukum sehingga dosen dan karyawan yang menyampaikan aspirasi terkait pemilihan rektor, tanpa merasa tekanan dan intimidasi dari pihak manapun.

Akhirnya…

Situs resmi UKSW melansir info bahwa dalam Rapat Khusus Pembina YPTKSW yang berlangsung pada tanggal 19-20 Agustus 2009, di ruang Probowinoto kampus UKSW, dengan Agenda Pemilihan   Rektor Periode 2009-2013, dapat berjalan dengan baik. Dan  Terpilih sebagai rector periode 2009-2013, Pdt. Prof. John A. Titaley, Th.D.

Sebelum dilakukan pemilihan, 4 kandidat   rektor melakukan presentasi makalah dan selanjutnya menandatangani surat   pernyataan yang berisi sebagai berikut:

  1. Mendukung visi dan misi UKSW.
  2. Menjaga hubungan baik dengan gereja-gereja   pendukung.
  3. Mematuhi peraturan perundang-undangan   yang berlaku di bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.
  4. Melaksanakan kebijakan umum yang   telah ditetapkan oleh yayasan, khususnya yang terkait dengan universitas.
  5. Mengembalikan suasana kampus yang   sempat tidak kondusif selama berlangsungnya proses pemilihan rektor   di UKSW, menjadi terang kembali dan kondusif bagi kegiatan akademik.
  6. Melaksanakan rencana program kerja   sesuai dengan yang telah dipresentasikan dan disetujui sebagai bagian   integral dari program yayasan.

Suaramerdeka.com mencatat perolehan suara dari tiap kandidat sebagai berikut JT mendapat 14 suara, DKK (3), sedangkan KHT dan CD memperoleh masing-masing 1 suara. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s