CH (330): Nababan dan Netralitas Kristen

Kehadiran Pdt. S.A.E. Nababan beberapa waktu lalu di kampus Universitas Kristen Satya Wacana, mengingatkan saya kepada salah satu kotbahnya di bulan Oktober 1993, berjudul, “Mengikut Yesus Tidak Boleh Netral”. Isi kotbah yang disampaikan Beliau dalam kebaktian hari Minggu, 31 Oktober 1993, di Tangerang itu, tertulis di Berita Tentang HKBP, No. 22 – November 1993.

Menurut mantan Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) itu, hanya ada dua pilihan, ikut Yesus atau tidak, dan tidak ada pilihan diantaranya (atau disebut sebagai netral). Hal itu secara tegas ditulis dalam Matius 10:38, “Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku”.

Lebih lanjut, Beliau berujar bahwa umat Kristiani perlu mengingat protes yang dilakukan oleh Martin Luther yang dilayangkan kepada para pembesar negara. Seperti diketahui, ketika itu banyak pejabat gereja bertindak juga sebagai pejabat negara, sehingga mengakibatkan pelayanan kepada gereja menyimpang dan tidak seperti seharuanya diajarkan oleh Alkitab. Hal tersebut memicu protes Martin Luther, dan muncullah gerakan reformasi, dengan inti, “Apakah Firman Tuhan itu masih meresap atau sudah tidak dipedulikan lagi”.

Amang (bahasa Batak artinya Bapak) Nababan mengingatkan bahaya yang harus diperhatikan, bahwa banyak orang yang menyebut dirinya Kristen, namun sayang tidak pernah membaca Firman Tuhan. Hal itu dapat diartikan bahwa orang itu tidak perduli dan sekaligus lebih takut manusia atau kebutuhan hidup lainnya ketimbang Tuhan. Orang Kristen sendiri diajarkan oleh Yesus, untuk lebih takut kepada Tuhan daripada orang, “Orang yang takut kepada Tuhan, tidak akan takut kepada apa dan siapa pun di dunia ini, sebaliknya orang yang takut kepada manusia daripada Tuhan, dia tidak berguna kepada Tuhan”.

Dengan demikian, orang yang ingin berguna bagi Tuhan, wajib mengambil keputusan yang tepat dan tidak bisa ditunda, yaitu memikul salibnya dan mengikut Dia. Tidak ada pilihan lain, atau netral. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s