CH (331): Titik, 5 Tahun, John?

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, yang diketuai oleh Dolman Sinaga, menjatuhkan hukuman 5 tahun bagi tedakwa kasus korupsi Jalan Lingkar Salatiga (JLS), pada hari Rabu (24/10). Lalu bagaimana dengan tersangka John Manuel Manoppo (JMM)?

”Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama,” kata Dolman saat membacakan putusan, seperti dikutip oleh Suara Merdeka. Lebih lanjut, Hakim menilai Titik melanggar Pasal 2 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang diperbarui dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

JMM

Berkas JMM, tersangka lain dalam kasus yang sama (JLS), sendiri telah dilimpahkan Penyidik Polda Jateng ke Kejati Jateng. Demikian seperti dilansir oleh Suara Merdeka, pada 12 Oktober 2012. Lalu?

Menurut Hukum Acara Pidana, Pasal 138 Ayat 1, “Penuntut umum setelah menerima hasil penyidikan dan penyidik segera mempelajari dan menelitinya dan dalam waktu tujuh hari wajib memberitahukan kepada penyidik apakah hasil penyidikan itu sudah lengkap atau belum”.

Ketika penuntut umum menyatakan belum lengkap maka, Ayat 2, “Dalam hal hasil penyidikan ternyata belum lengkap, penuntut umum mengembalikan berkas perkara kepada penyidik disertai petunjuk tentang hal yang harus dilakukan untuk dilengkapi dan dalam waktu empat belas hari sejak tanggal penerimaan berkas, penyidik harus sudah menyampaikan kembali berkas perkara itu kepada penuntut umum”.

Maka maksimal 14 hari, pentidik wajib mengembalikan berkas perkara JMM ke kejaksaan, selanjutnya sesuai Pasal 139, “Setelah penuntut umum menerima atau menerima kembali hasil penyidikan yang lengkap dari penyidik, ia segera menentukan apakah berkas perkara itu sudah memenuhi persyaratan untuk dapat atau tidak dilimpahkan ke pengadilan”. (sfm).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s