CH (332): Selamat Ulang Tahun GKI Soka!

Ibadah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-11 Gereja Kristen Indonesia (GKI) Soka Salatiga, telah berlangsung pada hari Rabu, 24 Oktober 2012. Tema HUT kali ini, “Gereja Yang Berkarya, Bukan Gereja Yang NATO (No Action Talk Only)”.

Pdt. Sony Kristiantoro, M.Th., gembala jemaat GKI Soka, menyampaikan pelayanan firman berdasarkan cerita salah satu cerita termasyur dalam Alkitab, “Orang Samaria yang Baik Hati”. Yesus memberikan pengajaran tentang Orang Samaria yang mau menolong orang lain korban aniaya yang tidak ia kenal, sedangkan seorang imam dan juga seorang Lewi, meninggalkan begitu saja. Bapak Pdt. Sony mengajak para hadiri yang hadir untuk belajar dari cerita tersebut, dan mengahrapkan agar jemaat lebih mengedepankan karya, ketimbang banyak berbicara.

Kotbah Pdt. Sony, bagi saya pribadi, menjadi cambuk agar terus berkarya dan melayani lebih lagi, tidak hanya sekedar ikut ibadah setiap minggu, persekutuan Alkitab, ataupun persekutuan doa, melainkan mau memberikan pelayanan kepada sesama. Bukan berarti hal-hal itu tidak perlu, namun kesaksian nyata dengan perbuatan merupakan buah dari apa yang kita dapat di dalam setiap persekutuan. Tanpa buah-buah karya, tiada arti ibadahmu, sama seperti yang diucapkan Bapak Pdt. Sony, “…bukan berarti berdoa itu tidak penting, itu tetap penting, namun perbuatan nyata menjadi pelengkap dari doa-doa itu…”.

Satu pujian dari Pelengkap Kidung Jemaat No. 264, berjudul “Apakah Arti Ibadah”, salah satu pujian dalam ibadah HUT, menjadi penenguh apa yang dikotbahkan.

Turut hadir bersama Jemaat GKI Soka, perwakilan jemaat GKI Jensud Salatiga, GKI Tegalrejo, serta gereja tetangga Gereja Kristen Jawa Salatiga Utara, sedangkan GKI Ambarawa yang turut diundang, tidak bisa hadir.

Sejarah GKI Soka

Sepanjang ibadah, disampaikan juga narasi tentang perjalanan GKI Soka dari awal hingga usianya yang ke-11.

GKI Soka berawal dari sebuah Pos PKP yang dimulai sejak 16 Agustus 1998. Panitia Pos diantaranya ada Bapak Soetrisno Soeparto, Ibu Liana Poejihastuti, Bapak Dion Santoso, Ibu Swanny Trikajanti.

Kebaktian perdana umum dilaksanakan pada tanggal 6 September 1998, bertempat di rumah keluarga Bapak Pramudya, di Jl. Merdeka Utara I B/10. Pada tanggal 13 September 2012, dilangsungkan Sekolah Minggu, di rumah Bapak Agus Purnomohadi, Jl. Merdeka Utara I C/11. Sedangkan persekutuan remaja berlangsung sebulan kemudian.

Peletakan batu pertama pendirian gereja dilakukan pada 26 Desember 1999, dan diresmikan pada 26 Desember 2000. Pada 24 Oktober 2001, dilaksanakan Kebaktian Pendewasaan jemaat GKI Soka. (sfm).

Saam Fredy Marpaung, Sekretaris Panitia HUT Ke-11 GKI Soka Salatiga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s