CH (334): 27 Oktober, Hari Blogger Nasional

Hari Sabtu ini (27/10), sehari menjelang peringatan Sumpah Pemuda, bertepatan dengan peringatan Hari Blogger Nasional (HBN). Peringatan HBN sendiri telah dimulai sejak tahun 2007, saat itu dideklarasikan oleh Mentri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh.

Saya sendiri mengenal apa itu nge-Blog saat bekerja di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Solo. YLSA adalah yayasan Kristen nonprofit dan nonkomersial yang berfokus pada penyediaan Alkitab, alat-alat biblika, dan sumber-sumber bahan kekristenan yang bermutu. Semua pelayanan YLSA memanfaatkan serta menggunakan media komputer dan internet agar dapat digunakan secara bebas (gratis) oleh masyarakat Kristen Indonesia tanpa dibatasi oleh denominasi/aliran gereja tertentu (interdenominasi).

Salah satu situs Blog yang dimiliki YLSA adalah sabdaspace.org, dan disinilah kali pertama saya memiliki dan mem-posting sejumlah tulisan saya. Judul posting pertama kali di situs tersebut, “tempat duduk..!?”, pada tanggal 10 November 2006. Tidak banyak tulisan yang ada di akun saya ini.

Selepas tidak bekerja lagi di YLSA, aktifitas nge-Blog saya hamper tidak ada. Pada tahun 2008, pernah berniat menulis lagi, dan mencoba membuka akun di Blogger. Namun sayang, hanya bertahan dengan 1 tulisan saja, berjudul, “Imajinasiku: Menjadi Yesus?”, di-posting pada 30 Juni 2008.

Semangat menulis kembali hadir tahun 2010, dan memulai dengan membuka akun di wordpress. Sejak saat itu hingga hari ini, nge-Blog menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan saya. (sfm).

Leave a Reply

