CH (336): “Raibnya” Sejumlah Toko Buku

Kira-kira sekitar 2 bulan yang lalu, saat hendak makan siang dengan seorang sahabat, aku dikejutkan dengan tidak ada lagi tulisan Toko Buku (TB) “Togamas”, di atas bangunan, di seberang jalan kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Dalam hati aku bertanya, “Loh kok tulisan Togamas sudah tidak ada, dan kenapa bangunan terlihat tertutup?”.

Iseng, aku menghampiri ahli kunci yang membuka lapaknya tidak jauh dari TB Togamas tersebut, dan kemudian bertanya, “Mas, kok Togamas tutup, kenapa ya?”. Sembari mengerjakan aktifitasnya membuat duplikat kunci, dia menjawab, “Sudah pindah Mas, kalao tidak salah ke Surabaya”. “Loh kok pindah Mas?”, tanyaku dengan heran. “Ngak cucuk Mas” (bahasa Jawa, tidak sepadan).

Hilangnya TB Togasmas, menambah panjang daftar TB yang hilang dari kota Salatiga, terutama dekat dengan kampus UKSW. Sebelum hengkangya Togamas, terlebih dahulu telah berlalu TB Badan Penerbit Kristen (BPK) Wacana Mulia, yang ada dalam lingkungan kampus. Saat ini eks-lokasi TB BPK Wacana Mulia ditempati sebagai Markas Resimen Mahasiswa. Dengan demikian, tidak ada lagi TB di kampus UKSW.

Sebelum-sebelumnya, telah raib juga, sebuah TB kecil, yang membuka gerainya di belakang kampus (tepatnya di Kemiri 1, berdampingan dengan Rumah Makan Mbak Kris).

Itu berarti, dalam catatan saya, masih ada 2 TB yang masih buka, yaitu TB Andi dan TB Kharisma, keduanya berada di Jalan Jenderal Sudirman. Selain sudah tentu ada sejumlah TB loak, di Shooping Center, dan satu TB loak di jetis. (sfm).

One thought on “CH (336): “Raibnya” Sejumlah Toko Buku

  1. padahal dekat kampus besar, tapi yg di jual di toko2 buku sekarang kebanyakan buku 2 yg kurang bermutu karena sekarang dengan mudahnnya kita menerbitkan buku tanpa di jaga kwalitas isinya, jadi banyak buku 2 baru beredar tapi g bermutu jadi kurang laku berimbas juga pd kelangsungan sebuah toko buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s