CH (338): Ijazah/STTB Anda Hilang?

Masih saja ada orang disekitar kita yang binggung dan tidak tahu harus bagaimana ketika Ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) mereka hilang atau musnah akibat kebakaran. Kadang kita pun dibuat binggung ketika ditanya, “Bagaimana ya…untuk medapatkan Ijazah/STTB yang baru?”.

Pengaturan tentang cara mendapatkan yang baru sebenarnya telah ada sejak 2008, yaitu dalam Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan Nasional No. 59 Tahun 2008 Tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah/STTB, Surat Keterangan Penganti yang Berpenghargaan Sama Dengan Ijazah/STTB dan Penrbitan Surat Keterangan Pengganti yang Berpenghargaan Sama dengan Ijazah/STTB. Bagaimana jika sekolah tersebut sudah berhenti beroprasi, alias tutup?

Jika sekolah sudah tutup, maka wewenang diberikan kepada kepala dinas yang membidangi pendidikan di kabupaten/kota tempat asal sekolah. Misalnya di Salatiga, seorang alumni SMA Darma Putra kehilangan STTB-nya, karena SMA-nya sudah tutup, maka dia bisa menghubungi Dinas Pendidikan Kota Salatiga untuk medapatkan Keterangan Pengganti yang Berpenghargaan Sama dengan STTB.

Baik kepala sekolah ataupun kepala dinas pendidikan seperti disinggung di atas, bertanggung jawab dan menjamin bahwa penerima surat keterangan penganti yang seharga sama dengan Ijazah/STTB pernah menerima Ijazah/STTB yang berasal dari sekolah tersebut.

Demikian informasi pada tataran Permen Pendidikan Nasional No. 59 Tahun 2008. Ada kemungkinan, baik di sekolah asal maupun di dinas pendidikan terdapat aturan lebih rinci mengenai hal tersebut. Semoga info ini bisa membantu. (sfm).

One thought on “CH (338): Ijazah/STTB Anda Hilang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s